26 May 2019, 20:05 WIB

Jokowi mulai Bicara Kriteria Calon Menteri


Dero Iqbal Mahendra | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat Buka Puasa Bersama HIPMI di Jakarta, Minggu (26/5).

KANDIDAT petahana Joko Widodo mengungkapkan kriteria menteri yang akan masuk dalam masa pemerintahan periode kedua pemerintahannya nanti. Ia menginginkan para pembantunya mendatang dapat mengeksekusi program yang ada.

"Saya ingin kabinet yang yang bisa kerja, karena namanya kabinet kerja. Menterinya harus mampu mengeksekusi program-program yang ada, kemampuan eksekutor yang paling penting," tutur Jokowi di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan Jakarta, Minggu (26/5).

Baca juga: Presiden: Jangan Senang Merendahkan Institusi

Jokowi juga menginginkan menteri di kabinetnya memiliki kemampuan managerial yang baik, khususnya berkaitan dengan ekonomi makro dan mikro serta ekonomi daerah. Para menteri pun dituntut me-manage berbagai persoalan yang ada dengan program-program yang dieksekusi dengan baik.

"Poin terpentingnya mampu mengeksekusi dan memiliki kemampuan managerial yang baik. Sedangkan kriteria lainnya seperti memiliki intergritas, memiliki kapabilitas yang baik," tutur Jokowi.

Saat ditanya siapa saja menteri-menteri yang akan mengisi kabinetnya mendatang, Jokowi belum mau menjelaskan secara detail. Ia mengaku masih terus mematangkan hal tersebut. (Dro/A-5)

BERITA TERKAIT