Hamilton Rebut Pole Position di GP Monaco


Penulis: (AFP/Des/R-1) - 25 May 2019, 22:52 WIB
ANDREJ ISAKOVIC / AFP
 ANDREJ ISAKOVIC / AFP
Lewis Hamilton 

PIMPINAN sementara klasemen pembalap Formula 1, Lewis Hamilton berpeluang merebut gelar ketiganya di GP Monaco setelah memastikan diri merebut pole position dalam lomba hari ini. Pembalap tim Mercedes tersebut menjadi yang tercepat dalam babak kualifikasi Sabtu (25/5)

Hamilton mencetak waktu tercepat dengan catatan waktu 1 menit 10,166 detik. Ia hanya unggul 0,086 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang berada di posisi kedua.

Catatan waktu yang dibukukan Hamilton kali ini menjadi rekor tercepat sirkuit jalanan Monaco. Hamilton memecahkan rekor sebelumnya milik pembalap Australia, Daniel Ricciardo, dengan waktu 1 menit 10,810 detik yang dibuat tahun lalu. Ini menjadi kali kedua Hamilton merebut posisi start terdepan di GP Monaco atau yang ke-84 selama kariernya di balapan Formula 1.

“Ini merupakan balapan yang dimiliki semua pembalap. Kami datang ke Monaco dengan mobil yang bagus,” ungkap pembalap yang telah lima kali menjadi juara dunia Formula 1 tersebut.

“Saya bertarung sengit dengan Bottas dan memiliki keinginan kuat menjadi yang tercepat. Saya harus bertarung lebih keras jika dibandingkan dengan sebelumnya,” imbuh Hamilton.

Di sisi lain, Bottas mengaku kecewa hanya mampu menjadi yang tercepat kedua. Pembalap Finlandia itu menyebut kepadatan di lintasan membuatnya gagal memaksimal peluang untuk mencetak waktu terbaik.

“Saya kecewa. Setelah lap pertama, banyak peluang untuk bisa mempertajam catatan waktu. Namun, saya harus menghadapi kondisi padatnya lintasan dan tidak bisa membuat temperatur ban menjadi ideal,” kata Bottas.

Sementara itu, posisi start ketiga ditempati pembalap Red Bull, Max Verstappen, dengan catatan waktu 1 menit 10,641 detik, sedangkan pembalap Jerman yang mengendarai Ferrari, Sebastian Vettel, menjadi yang tercepat keempat dengan catatan waktu 1 menit 10,947 detik.

Nasib sial dialami rekan setim Vettel, Charles Leclerc. Pembalap Moanco tersebut gagal menunjukkan yang terbaik setelah strategi buruk tim berlambang kuda jingkrak tersebut sehingga membuatnya hanya bisa tampil di kualifikasi pertama. Dengan catatan waktu 1 menit 12,149 detik, Leclerc akan start dari posisi 16. (AFP/Des/R-1)

BERITA TERKAIT