24 May 2019, 20:30 WIB

Arus Penumpang Belawan Diprediksi Naik 12,05%


Yoseph Pencawan | Nusantara

Ist
 Ist
Penumpang di pelabuhan Belawan

DALAM melayani arus mudik dan balik pada lebaran tahun ini PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah melakukan berbagai persiapan di delapan cabang pelabuhannya.

Kedelapan cabang tersebut adalah Pelabuhan Belawan, Sibolga, Gunung Sitoli, Tanjung Balai Asahan, Dumai, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Tembilahan.

"Selain menjaga kenyamanan, persiapan ini juga untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang yang kami prediksi meningkat," ujar VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami, Jumat (24/5).

Dari hasil monitoring Pelindo 1, arus penumpang di Pelabuhan Belawan dalam suasana lebaran tahun ini diprediksi mengalami peningkatan
sebanyak 12,05% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Pelabuhan Belawan akan dilalui sebanyak 38.338 penumpang yang naik dan turun, sedangkan pada tahun lalu hanya 34.216 penumpang.

Adapun persiapan pelabuhan yang telah dilakukan antara lain kesiapan dermaga, Sistem dan Prosedur Pelayanan Kapal Sembako serta gudang dan lapangan penumpukan.

Kemudian peralatan bongkar muat, tenaga operasional di lapangan serta kesiapan informasi dan teknologi (IT).


Baca juga: Pelabuhan Boom Baru Palembang Siap Hadapi Lonjakan Penumpang


Fasilitas umum tambahan juga akan disiapkan, seperti tenda, toilet, metal detector, tenaga medis serta fasilitas parkir tambahan. Lalu media informasi kepada penumpang dan pengantar/penjemput, seperti sound system, spanduk, banner, dan leaflet.

Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan sendiri kini sudah berkapasitas sebanyak 2.500 orang. Menjadikan Belawan sebagai pelabuhan yang memiliki terminal penumpang terbesar di Pulau Sumatra.

Belawan juga telah dilengkapi dengan dua unit garbarata yang semakin memudahkan penumpang untuk naik turun dari kapal menuju dermaga dan sebaliknya.

Selain Belawan, Pelindo 1 juga telah memodernisasi Terminal Penumpang di Pelabuhan Sibolga yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 Maret 2019.

Modernisasi juga dilakukan terhadap Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Balai Asahan dengan luas keseluruhan 1.480 meter persegi. Pelabuhan ini sudah dilengkapi fasilitas modern yang setara dengan bandara serta berdesain unik berbentuk kerang dengan memadukan nuansa kearifan lokal. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT