Arumi Bachsin Puji Perajin Batik


Penulis: (Ant/H-1) - 25 May 2019, 00:00 WIB
ANTARA FOTO/Didik Suhartono
 ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jatim Arumi Bachsin (kedua kiri) 

KETUA Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Timur (Jatim) Arumi Bachsin, 25, memuji para perajin batik di wilayahnya yang semakin mampu menunjukkan kekhasan.

"Para perajin dari Jatim semakin ahli dalam menghasilkan batik khas Jawa Timur," katanya saat menjadi juri lomba desain batik 2019, beberapa waktu lalu.

Menurut perempuan yang pernah membintangi sejumlah sinetron dan menjadi model itu, keahlian menampilkan motif khas Jawa Timur menunjukkan peningkatan daya saing para perajin batik. Istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak itu mengatakan, kreasi-kreasi para perajin yang lebih berwarna diharapkan bisa menarik generasi muda untuk lebih terlibat dalam usaha kerajinan batik.

Arumi menambahkan, Dekranasda menggelar lomba desain batik dengan tema motif kuno yang juga dalam upaya mendorong para perajin mengembangkan produk kerajinan mereka. "Motif-motif kuno (batik) di setiap kabupaten/kota banyak sekali.

Kami ingin melihat pengetahuan dari para perajin itu, sudah banyak tahu motif kuno apa saja. Termasuk bisa atau tidaknya mereka menampilkan motif-motif kuno agar tetap menarik dan dapat menjualnya di zaman sekarang," tuturnya. (Ant/H-1)

 

BERITA TERKAIT