Pelajar SMA Kesatuan Bangsa Jadi Duta Dunia


Penulis: Syarief Oebaidillah - 23 May 2019, 21:50 WIB
Ist
 Ist
Siswi kelas X SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, Cinta Safa Salsabila Putri, 16, menyanyikan lagu Indonesia 'Zamrud Khatulistiwa' ciptaan Guruh

INTERNATIONAL Festival of Language and Culture (IFLC) merupakan rangkaian festival bahasa dan budaya yang telah digelar selama 17 tahun di berbagai negara dan diikuti 160 negara dengan lebih dari 2000 pelajar sebagai peserta.

Mewakili Indonesia pada forum internasional yang digelar di Amerika pada Mei ini, siswi kelas X SMA Kesatuan Bangsa Yogyakarta, Cinta Safa Salsabila Putri, 16, tampil memukau dengan menyanyikan lagu Indonesia 'Zamrud Khatulistiwa' ciptaan Guruh Soekarnoputra yang dipopulerkan penyanyi legendaris almarhum Chrisye mendapat sambutan hangat peserta IFLC.

Humas Edukasi Universal (Eduversal) Indonesia yang menaungi Sekolah Kesatuan Bangsa, Azka Dermawan, di Jakarta, Kamis (23/5), mengutarakan, even yang dilaksanakan di sejumlah kota besar di negeri Paman Sam, seperti Washington DC, New York, Los Angeles, juga Toronto, Kanada, berlangsung amat semarak.

Menurut Azka, IFLC menjadi sumber daya dalam menjaga nilai-nilai keragaman dan toleransi. Di antara tujuan IFLC ialah untuk mendukung dan menggaungkan nilai persahabatan dan dialog di antara para pelajar dari berbagai latar belakang budaya.


Baca juga: Media Grup Ajak Generasi Milenial Bijak Gunakan Medsos


IFLC mempromosikan, memberikan pembelajaran dan melakukan pertukaran ide untuk mendukung nilai-nilai toleransi, perdamaian dunia, jalinan persahabatan, dan sikap saling memahami.

"Para peserta IFLC diajak untuk terlibat berinteraksi dengan para pengunjung, membangun ikatan persahabatan yang kuat, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya perdamaian dunia," ujar Azka.

Menurutnya, kehadiran Cinta sebagai duta bangsa Indonesia sekaligus menjadi duta perdamaian dunia perwakilan Indonesia.

"Cinta tampil baik sekali dan mendapat sambutan meriah dari teman temannya dari belahan dunia. Cinta juga menambah teman-teman baru, memperluas wawasan dan budaya sahabatnya dari berbagai negara," pungkasnya. (OL-1)

 

BERITA TERKAIT