23 May 2019, 21:10 WIB

Tornado Hantam Missouri, Tiga Orang Tewas


Tesa Oktiana Surbakti | Internasional

AFP
 AFP
Peta lokasi Kotadi negara bagian Missouri, AS, tempat sedikitnya tiga orang tewas dalam satu tornado. 

TERJANGAN tornado dahsyat di wilayah Missouri, negara bagian Amerika Serikat (AS), menewaskan tiga orang warga. Sejumlah pohon dan fasilitas jaringan listrik ambruk, berikut jendela permukiman warga yang hancur sehingga menyebabkan ruas jalan dipenuhi puing-puing,

Kerusakan besar terjadi di Jefferson City, yang merupakan ibu kota negara bagian. Setidaknya sembilan orang dirawat di rumah sakit, setelah tornado mengamuk pada Rabu (22/5) waktu setempat.

Bencana alam memaksa sejumlah warga mencari tempat perlindungan. Hujan lebat yang diiringi angin kencang dan kilat, juga terjadi di wilayah tetangga Oklahama dan Kansas.

"Terjadi tornado dahsyat. Segera berlindung!," bunyi peringatan Badan Cuaca Nasional melalui akun Twitter.

Di wilayah Golden City, sekitar 270 kilometer (km) barat daya Jefferson City, tercatat tiga orang tewas. Departemen Keamanan Publik Missouri juga melaporkan sekitar sembilan orang terluka.


Baca juga: 12 Badai Tornado Ancam Jutaan Rumah di Amerika Serikat


Rekaman video yang ditayangkan kantor berita CNN, menunjukkan banyak pohon tumbang. Jendela rumah warga dan pertokoan turut hancur. Sejumlah ruas jalan dipenuhi puing-puing yang terhempas badai. Pegawai negara bagian Missouri diinstruksikan tetap berada di rumah pada Kamis (23/5), mengingat sebagian besar kantor pemerintahan rusak parah.

Petugas khusus keadaan darurat terus melakukan pencarian di sekitar permukiman warga. Banyak warga dilaporkan masih terperangkap di dalam bangunan rumah. Otoritas berwenang juga memperingatkan potensi banjir bandang.

Sekitar 3.500 warga tidak bisa menikmati aliran listrik, pascapemadaman yang disebabkan cuaca buruk. Perusahaan listrik Liberty Utilities Empire District, sudah membuat pengumuman di akun Facebook.

Peringatan tornado tetap diberlakukan di luar St Louis, wilayah timur Missouri. Adapun di Oklahoma, warga di sekitar bendungan Danau Keystone diminta untuk mengungsi, karena terdapat risiko banjir. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT