Siapkan Tur Gamelan ke Eropa


Penulis:  (*/M-1) - 24 May 2019, 00:30 WIB
DOK PRIBADI
 DOK PRIBADI
Musikus muda Riki Putra

SETELAH sukses menggelar konser bersama Adie MS dan Purwacaraka, musikus muda Riki Putra sedang mempersiapkan tur gamelan ke Eropa yang direncanakan berlangsung 1-7 Juli 2019. Konsernya di Eropa itu berlangsung dalam rangka memenuhi undangan manggung salah satu band Belanda, Sueme.

“Nah, mereka itu kebetulan juga mau tur, terus sekalianlah kita diajak nebeng gigs-nya mereka. Mereka main blues rock begitu, sedangkan kita pentaskan gamelan,” tutur Riki kepada Media Indonesia, Sabtu (18/5).

Riki menambahkan bahwa ia nantinya bermain bersama lima orang temannya dari Indonesia. Menyoal warna musik, Riki mengatakan bahwa kali ini ia tidak hanya memberikan sentuhan rock, keroncong, ataupun dangdut dalam gamelannya. Lebih dari itu, ia juga akan memberikan sentuhan blues, apalagi pada kesempatan ini ia akan bertolak ke Eropa bersama salah satu band blues terkemuka dari Yogyakarta, yaitu Brightsize.

“Saya berharap apa yang kami lakukan ini nantinya bisa membuat gamelan lebih berwarna. Apalagi laguku selama ini sebenarnya juga bukan gamelan saja, ada sentuhan keroncong, ada dangdut juga, lalu ditambah lagi sama Brightsize ini nanti semoga jadi tambah keren begitu,” tuturnya.

Dalam tur Eropa itu, Riki mengaku memiliki misi khusus. Ia ingin mengabarkan bahwa budaya Indonesia itu sangat kaya dan mampu bersanding bersama budaya lain yang ada di seluruh dunia. (*/M-1)

 

BERITA TERKAIT