23 May 2019, 14:00 WIB

Pekan Depan, Keputusan Impor Bawang Putih Bakal Dibahas


Nur Aivanni | Ekonomi

ANTARA
 ANTARA
Bawang Putih

SEKRETARIS Kementerian Koordinator bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan pihaknya akan kembali menggelar rapat koordinasi untuk membahas mengenai keputusan impor bawang putih kepada Perum Bulog pada pekan depan.

"Minggu depan kita akan lakukan rakor (pangan)," kata Susiwijono saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (23/5).

Saat ini, posisi Bulog masih mendapatkan mandat untuk mengimpor bawang putih sebesar 100 ribu ton. Dalam rakor tersebut apapun bisa saja diputuskan.

"Mau perubahan kebijakan, mau teknis pelaksanaannya nanti menyesuaikan kondisi di lapangan, semuanya harus diputus di rakor," ucapnya.

Baca juga: Kementan Ungkap Strategi Menuju Swasembada Bawang Putih

Sebelumnya, Susiwijono sempat menyampaikan keputusan untuk izin impor bawang putih kepada Perum Bulog masih berlaku. Kalaupun keputusan impor bawang putih tersebut mau dibatalkan, harus dibahas kembali dalam rapat koordinasi.

Sebagai informasi, pemerintah menugaskan Bulog melakukan impor sebesar 100 ribu ton bawang putih dari Tiongkok. Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan rakor terbatas pada Senin (18/3) malam.

Keputusan tersebut diambil lantaran harga bawang putih tengah melonjak tinggi di kisaran Rp40.000-45.000 per kilogram. Padahal, normalnya harga bawang putih berada di kisaran Rp25 ribu per kilogram.(OL-5)

BERITA TERKAIT