Mobil Sport Murni BMW Seri 8 Hadir di Indonesia


Penulis: Nurtjahjadi - 21 May 2019, 21:03 WIB
DOK: BMW
 DOK: BMW
All-New BMW Seri 8 Coupé semakin disempurnakan dengan sejumlah fitur berkualitas tinggi.

Pada 1989 BMW pernah memproduksi sebuah mobil sport beraliran murni bernama BMW Seri 8 yang sangat fenomenal di zamannya. Desainnya bahkan berani menabrak 'konsep' BMW yang selalu konsisten dengan lampu bundar dengan penyematan lampu kotak model pop up di ujung atas kap mesin.

Setelah diproduksi sebanyak total 31.062 unit, kendaraan ini dihentikan produksinya pada 1999. Volumenya yang sedikit membuat Grand Tourer rancangan Klaus Kapitza ini masuk collectible item yang harga jualnya 'tidak jelas' dan diburu oleh banyak orang. Populasinya yang super langka membuat harga jualnya selangit, terlebih BMW tidak pernah mengeluarkan penerusnya hingga 2018 di ajang Daytona 24 Jam lewat M8 GTE dan versi produksi tahun ini .

Setelah vakum hampir dua dekade akhirnya BMW kembali menghidupkan Seri 8 dan BMW Group Indonesia ambil bagian dalam momen bersejarah ini dengan meluncurkan Seri 8 baru lewat sosok BMW M850i xDrive Coupé bermesin V8 530hp di Jakarta, Jumat (17/5). Peluncuran kendaraan ini ditemani oleh 'The magnificent 8' yaitu BMW Seri 8 generasi pertama, BMW Z8 yang legendaris, dan kendaraan sports paling progresif, New BMW i8 Roadster.

President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan dalam tayangan videonya pada Jumat (17/5) menjelaskan, hadir sports car mewah yang dikembangkan dari keahlian teknologi BMW M GmbH. Sebuah kendaraan yang merupakan The Gentleman's Racer; All-New BMW M850i. Mmiliki trim eksterior dan interior eksklusif dengan fitur desain khusus oleh BMW Individual. Bahkan, sports car ini adalah ikon yang mewakili kemewahan sporty.

"All-New BMW Seri 8 Coupé mampu, dengan cara yang unik, memberi inspirasi dengan karakteristik berkendara yang dinamis, sementara pada saat yang sama mempesona dengan fitur perlengkapan mewah dan desain yang elegan dan sporty. Selain itu, eksklusivitas yang total dijamin dengan konfigurasi individual dari kendaraan sports mewah baru ini," lanjut Ramesh.

Seperti pendahulunya, All-New BMW Seri 8 Coupé diciptakan untuk untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang emosional dan tidak terlupakan. Pengembangan bodi, mesin, dan suspensi secara konsisten diasah untuk mencapai titik tertinggi untuk menghasilkan kepresisian dan keseimbangan yang diharapkan dari kendaraan sports mewah ini.

Seri 8 terbaru dikembangkan dari BMW M8 GTE yang sangat sukses di ajang balap. yang menuangkan konsep 'dari sirkuit ke jalan raya'. Di Indonesia All-New BMW M850i xDrive Coupé dipersenjatai mesin 4,4 liter dengan teknologi BMW M Performance TwinPower Turbo yang menghasilkan performa dan suara mengesankan yang dapat diatur karakternya melalui tombol.

Mesin BMW V8 terbaru ini dapat menghasilkan tenaga hingga 530 hp antara 5.500 dan 6.000 rpm. Sementara torsi maksimum menggapai 750 Nm mulai dari 1.800 hingga 4.600 rpm. All-New BMW M850i xDrive Coupé dapat melesat dari 0 sampai 100 km/jam hanya dalam hitungan 3,7 detik!

Tenaga mesin disalurkan melalui transmisi otomatis Steptronic Sport 8-percepatan dilengkapi Paddle shift pada setir sebagai standar untuk perpindahan gigi manual. Dari sini tenaga disalurkan ke BMW xDrive all-wheel-drive system cerdas yang secara variabel mendistribusikan antara roda depan dan belakang secara tepat dan cepat untuk memaksimalkan traksi di berbagai kondisi jalan dan kecepatan.

BMW Seri 8 Coupé dilengkapi fitur standar suspensi Adaptive M Suspension plus peredam yang dikontrol secara elektronik dan active roll stabilisation. Integral Active Steering juga menjadi standar pada All-New BMW M850i xDrive Coupé. Sistem ini mengurangi radius putar ketika bermanuver, meningkatkan kelincahan dan memudahkan berpindah jalur atau melibas tikungan pada kecepatan tinggi.

Sport Coupé dua pintu ini memiliki eksterior berdimensi panjang 4,843 mm, lebar 1,902 mm, tinggi 1,341 mm, dan jarak sumbu roda 2,822 mm. Desain Coupé dengan siluet memanjang dengan grafik jendela ramping dan garis atap yang mengalir dengan elegan ke belakang dengan kontur 'doppio-gobba' atau 'double-bubble'. Sepintas siluet ini mengingatkan kita pada garis atap Ford Mustang 2015.

BMW kidney grille berbentuk heksagonal dengan berbagai elemen dibingkai oleh single-piece surround. Lampu utama BMW Laserlight menjadi yang paling ramping dalam jajaran produsi BMW saat ini dan mampu memberikan penerangan jalan variabel dan BMW Selective Beam sesuai kebutuhan. Sementara desain lampu belakang LED semakin meningkatkan kesan agresif.

Desain interior modern dan minimalis menciptakan suasana mewah dan nyaman. Semua fungsi berorientasi kepada pengemudi, sehingga secara otomatis Meningkatkan konsentrasi pengemudi dan pengalaman berkendara terbaik. Sedangkan multifunctional seats dilapisi kulit khusus dari BMW Individual extended Merino dengan bi-colour design. Pelapis kulit di bagian doortrim dan panel instrumen  juga menjadi standar.

All-New BMW Seri 8 Coupé semakin disempurnakan dengan sejumlah fitur berkualitas tinggi, termasuk BMW Display Key, pengisian daya telepon genggam nirkabel, Apple CarPlay, serta aplikasi material kaca 'Crafted Clarity' untuk beberapa tombol.

BMW Operating System 7.0 hadir memastikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat untuk pengemudi lewat tampilan pada Control Display 10,25 inci maupun pada Instrument Cluster 12,3 inci. Untuk mengoperasikan sejumlah fitur, pengemudi memiliki pilihan untuk menggunakan tombol di setir, iDrive Controller, layar sentuh, voice control "Hey BMW!" atau BMW gesture control.

BMW Live Cockpit Professional hadir sebagai standar pada panel instrumen yang di bagian tengahnya dapat ditampilkan berbagai informasi termasuk peta navigasi. BMW Head-Up Display yang juga disempurnakan juga dapat ditemukan pada daftar perlengkapan standar dan memiliki area proyeksi yang lebih besar, konten baru, serta grafik yang makin menarik.

Ada dua varian All-New BMW M850i ??xDrive Coupé di Indonesia yang ditawarkan di Indonesia yaitu BMW M850i xDrive Coupe First Edition yang dibanderol off the road seharga Rp3,479 miliar dan BMW M850i xDrive Coupé Carbon Package yang dilego Rp3,709 miliar. (S-1)

BERITA TERKAIT