18 May 2019, 10:10 WIB

Amerika BerSATU Tanggapi Positif Hasil Rekap KPU


mediaindonesia.com | Internasional

Dok TKN Jokowi-Amin
 Dok TKN Jokowi-Amin
Amerika BerSATU

RELAWAN Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang tergabung dalam konsolidasi nasional 36 negara bagian  #AmerikaBerSATU menanggapi positif hasil rekap luar negeri Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengonfirmasi bahwa Paslon 01 Jokowi-Amin menang telak di Amerika Serikat, 87.2%-12.8%.

“Kami sangat gembira dan berbahagia begitu kami diberitahu. Memang kalau untuk Jokowi-Amin, masyarakat begitu antusias dan penuh semangat pada setiap kegiatan yang kami selenggarakan,” ujar Indradi Partowardojo, salah satu sesepuh #AmerikaBerSATU dari #DC4Jokowi, Jumat (19/5) waktu setempat.

Tercatat, relawan #AmerikaBerSATU menyelenggarakan berbagai kegiatan secara serentak di 21 titik di Amerika Serikat pada 5-6-7 April yang lalu dari pantai barat sampai pantai timur, sampai nun jauh di Hawaii.

Yang luar biasa, meski Pilpres telah usai, relawan #AmerikaBerSATU terus bekerja. Selain terus mengumpulkan dana bagi para pejuang demokrasi yang gugur dalam menjalankan tugas, para relawan juga secara aktif menolak keras beredarnya rumor negatif mengenai proses pemilu yang telah berjalan dan mengimbau semua pihak untuk terus melawan radikalisme dan intoleransi yang mulai marak di Indonesia.

Baca juga: KPU: Pengumuman Capres Terpilih Paling Lambat 28 Mei 2019

Menanggapi berbagai tuduhan atas kinerja KPU Christian Darmahkasih koordinator #Ohio4Jokowi yang juga berprofesi sebagai Apoteker ini mengatakan, “Sudah, sudah selesailah itu. Rakyat sudah capek dengan usaha-usaha kampanye hitam seakan-akan ada people power. Masyarakat Indonesia tidak bodoh. Silent majority sudah berbicara. Tuduhan-tuduhan tanpa bukti yang konkrit adalah suatu penghinaan atas proses reformasi yang sudah berjalan selama 20 tahun.”

Leonard Winardi, koordinator kegiatan #AmerikaBerSATU dari North dan South Carolina berpendapat, “Urusan nyawa adalah takdir Tuhan. Sangat tidak terpuji mempolitisir hal seperti ini. Meski Jokowi-Amin sudah menang, tugas kita belum selesai. Ke depan, mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk melawan radikalisme dan intoleransi yang tidak dapat disangkal sudah mulai marak di Indonesia.”

Danny Sadli, warga Indonesia yang berdomisili di Arkansas dan sempat viral dengan goyang jempolnya bersama #Arkansas4Jokowi.

“Kami dari warga Indonesia di Arkansas yang bergabung dalam #Arkansas4Jokowi mendukung dan mengapresiasi kerja KPU.” Lanjutnya, "Sangat lucu untuk mengkritik proses penghitungan suara dimana lima dari tujuh komisionernya berasal dari pendukung Paslon 02. Hasil Pileg diterima, Pilpres diributkan ini dan itu. Namun, secara prinsip, sebagai manusia berakhlak, saya percaya kalaupun ada kesalahan, pasti hal tersebut tidak disengaja untuk menguntungkan and merugikan salah satu pihak.”  

Perlu diketahui, sampai saat ini, Situng KPU telah mencapai 84%.

Ajakan untuk mengalihkan rumor negatif menjadi positif juga datang dari Eunice Salim, koordinator #AmerikaBerSATU dari #NewMexico4Jokowi juga merupakan seorang pendidik sekolah dasar di negara bagian New Mexico.

“Daripada menuding lembaga pendukung demokrasi dengan tidak berdasar, bagaimana kalau kita tanya diri kita masing-masing, apa lagi kontribusi konkrit yang kita bisa lakukan untuk NKRI? Mari kita kembali ke hal yang paling prinsipil. Berani karena benar, bukan benar karena berani,” pungkasnya.

Menutup wawancara, Sinta Penyami dari #Philadelphia4Jokowi mengatakan, “Atas nama Amerika BerSATU yang mewakili pendukung Paslon 01 di 36 negara bagian di Amerika Serikat, kami mengucapkan terima kasih kepada KPU yang sudah bekerja keras melaksanakan Pemilu 2019 ini yang memang lebih rumit dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.  Kami yakin dan percaya dibawah kepemimpinan Jokowi-Amin, diiringi kerja sama dari semua pemimpin dan masyarakat Indonesia kita bisa terus mempertahankan NKRI yang adil, damai dan sejahtera,” tutupnya. (RO/OL-2)

BERITA TERKAIT