Sirkuit Mandalika Rampung Tahun Depan


Penulis: Yusuf Riaman - 18 May 2019, 07:20 WIB
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
 ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sirkuit Mandalika

PRESIDEN Joko Widodo memastikan seluruh infrastruktur dan fasilitas pendukung yang berkaitan dengan ajang Moto-GP 2021 di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan rampung pada 2020.

“Kita juga ingin fasilitas yang berkaitan dengan Moto-GP 2021 itu juga segera dikerjakan. Airport sudah, jalan sudah, penetapan lokasi sudah sehingga kita harapkan konstruksi paling lambat itu di Januari 2020,” ujar Presiden Jokowi saat meninjau lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), kemarin.

Jokowi menegaskan penyelenggaraan Moto-GP ini merupakan upaya pemerintah menggerakkan perekonomian di Lombok. Dia berharap peningkatan perekonomian di Lombok dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kita mengharapkan ini nanti ada sebuah titik pertumbuhan ekonomi baru yang secara agregat nasional nanti bisa memberikan support juga pada pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas dia.

Jokowi pun merasa senang dengan perkembangan pembangunan di KEK Mandalika. Dalam peninjauan ini, Presiden ingin memastikan pembangunan sejumlah fasilitas dasar yang layak bagi sebuah kawasan pariwisata berjalan sebagaimana mestinya.

Dengan dipandu Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, Jokowi mendapat penjelasan mengenai perkembangan pembangunan fasilitas umum, seperti toilet bagi para wisatawan hingga penyediaan air bersih.

Presiden Jokowi menuturkan pembangunan fasilitas di kawasan ini menggunakan standar yang tinggi.

“Fasilitas di sini juga sudah mulai dibangun tadi. Coba nanti dilihat toilet umumnya seperti apa standarnya. Standar tinggi saya kira dimulai sejak awal sehingga jangan sampai kawas­an yang sudah sangat indah dan bagus pemberian Allah ini menjadi tidak baik karena salah manajemen dari awal,” tuturnya.

Seusai meninjau KEK Mandalika, Presiden Jokowi dan rombongan terbang ke Bali. Di Pulau Dewata itu, Jokowi mengunjungi pelaksanaan program dana desa di Desa Kutuh, Kabupaten Badung. (Pol/YR/Ant/X-10)

BERITA TERKAIT