17 May 2019, 22:40 WIB

Pendapatan Allianz Life Syariah Tumbuh 9,1%


(E-3) | Ekonomi

Ist
 Ist
Counter Allianz pada saat pameran

UNIT usaha syariah dari PT Asuran­si Allianz Life Indonesia (Allianz Li­fe Syariah) berhasil mencatatkan kinerja positif pada 2018 dengan me­­raih pendapatan premi bruto sebesar Rp1,107 triliun atau meningkat 9,1% jika dibandingkan dengan tahun se­be­­lumnya. Total aset juga tercatat mengalami pertumbuhan, yakni se­be­­sar 6,4% atau meningkat dari Rp2,7 triliun menjadi Rp2,9 triliun pa­da 2018.

Pimpinan Unit Usaha Syariah Allianz Life Indonesia Yoga Prasetyo me­nyampaikan dana tabarru’ Allianz Life Syariah pada 2018 juga meningkat 8,3% menjadi Rp593,7 miliar jika dibandingkan dengan periode sebe­lum­nya sebesar Rp548,3 miliar.

Dana tabarru’ adalah kumpulan dana dari kontribusi peserta asuransi syariah dan digunakan sebagai dana tolong-menolong kepada peserta lain yang terkena musibah sesuai dengan akad tabarru’ yang telah disepakati.

Menurut Yoga, pertumbuhan positif dana tabarru’ menunjukkan keperca­yaan masyarakat yang terus meningkat dalam mengamanahkan pengelo­laan perlindungan asuransi jiwa syariah kepada Allianz Life Syariah. Ini juga tecermin dari jumlah peserta Allianz Life Syariah yang meningkat sampai 102.094 peserta pada 2018.

Di sisi lain, Allianz Life Syariah me­menuhi amanah dari para peserta dengan menyalurkan dana tabarru’ untuk pembayaran klaim dan manfaat asuransi kepada sesama peserta sebesar Rp412,2 miliar pada 2018 atau meningkat 7,4% jika dibandingkan dengan 2017.

“Pertumbuhan positif ini tentu tidak lepas dari berkembangnya tren industri syariah di masyarakat dan peranan generasi milenial yang merupakan potensi besar pertumbuhan ekonomi di Indonesia,” kata Yoga melalui keterangan resminya, Jumat (17/5).

Karena itu, Allianz terus berinova­si memperkuat posisi dalam potensi segmen pasar yang potensial serta melakukan sosialisasi dan edukasi produk syariah untuk mendukung program pemerintah dalam mening­katkan penetrasi asuransi jiwa, khususnya asuransi jiwa syariah.

Allianz Life Syariah pun, kata dia, secara rutin melakukan sosialisasi dan edukasi produk asuransi syariah kepada mitra bisnis keagenan sebagai ujung tombak pemasaran, serta masyarakat melalui kerja sa­ma dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara rutin ke berbagai daerah di Indonesia. (E-3)

BERITA TERKAIT