Golaga Berbenah untuk Libur Lebaran


Penulis:  (LD/N-2) - 17 May 2019, 22:00 WIB
MI/ LILIEK DHARMAWAN
 MI/ LILIEK DHARMAWAN
Lampu warna-warni melengkapi obyek wisata Goa Lawa di Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah 

PENGELOLA wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga) di Purbalingga, Jawa Tengah, menargetkan pengunjung pada libur Lebaran ini mencapai 75 ribu orang. Kini pengelola terus berbenah untuk mempercantik Gua Lawa maupun taman-taman di sekitarnya.

Humas Golaga Bambang Adi mengatakan kalau Golaga terus berbenah dan siap untuk menerima pengunjung khususnya pada libur Lebaran mendatang. “Kami menargetkan ada 75 ribu pengunjung selama libur Lebaran mulai 1-30 Juni mendatang sehingga kami terus melakukan upaya mempercantik Gua Lawa dan sekitarnya. Di antaranya dengan penataan ulang di dalam gua maupun taman-taman yang ada di sekitar gua,” kata Bambang  Jumat (17/5).

Dijelaskan Bambang, hingga sekarang pengelola masih menutup Golaga karena masih harus ada pembenahan di sejumlah titik. “Nantinya kami akan membuka sekitar akhir Mei mendatang atau menjelang Lebaran.” Golaga akan menjadi salah satu objek wisata di Purbalingga yang dipromosikan untuk dikunjungi para wisatawan. Selain gua yang kini telah dilengkapi dengan lampu warna-warni, Golaga juga dilengkapi dengam wahana lainnya, seperti kafe eksklusif di atas pohon, restoran pohon, camping tree, bike tree, dan bahkan ada musala pohon dengan kapasitas 10-15 orang.

Sebelumnya, pada Sabtu (11/5), Menteri BUMN Rini Soemarno bersama rombongan para direksi BUMN menyempatkan mampir ke Golaga. Ia cukup terpesona dengan Golaga dan mirip dengan gua yang ada di Guilin, Tiongkok. “Saya baru pertama kali datang ke Golaga. Ternyata selain indah, banyak sejarah di Gua Lawa ini. Setelah bulan puasa, saya akan kesini,” janjinya.

Ia memberikan sinyal agar BUMN juga turut serta dalam pengembangan Golaga. Namun, tentu saja harus dibicarakan terlebih dahulu dengan para direksi BUMN. “Saat ini Golaga tengah dikembangkan terus. Kami mendukung pengembangan Golaga sebagai destinasi wisata di Jateng, bahkan nasional,” katanya.

Saat berkeliling di dalam gua, beberapa kali Rini mengajak para direksi untuk berfoto bersama. Bahkan, ia terlihat kagum ketika melihat ruang besar di dalam gua yang mampu menampung hingga 200 orang. Rini bahkan menyempatkan membasuh mukanya dengan air di sana. (LD/N-2)

BERITA TERKAIT