17 May 2019, 08:00 WIB

Memaknai Kebangkitan Nasional dengan Belajar


Haufan Hasyim Salengke | Advertorial

Metro TV
 Metro TV
 Provocative Mindset 

Dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional, mari kita bahas tentang ciri-ciri orang yang mau belajar. Pertama, bersikap banyak mendengar bukan banyak bicara. Mendengar ialah sikap orang yang mau belajar dan meresap informasi.

Selanjutnya, seseorang disebut sebagai pribadi yang mau belajar ketika ia banyak berusaha, bukan banyak complaint. Ilustrasinya seperti gulungan ombak di laut. Jika ombak pertama kita terlewatkan, akan ada gelombang ombak berikutnya.

Ciri ketiga, percaya tidak ada masalah yang tidak  ada solusinya. Ketuk pintu maka akan dibukakan, terlebih pintu langit (berdoa). Orang yang terus mau mencari dan berusaha ialah orang rajin dan dunia mengakui kalau rajin pasti berhasil.

Baca juga: Adab Mengucapkan Salam

Keempat, tidak membandingkan cara belajar dan proses yang dijalani orang lain. Kita tahu di sekolah tiap murid punya cara menghafal dan belajar beda-beda. Begitu juga dengan proses pembelajaran hidup tiap orang berbeda. Tapi hasil atau akhir dari proses yang berbeda-beda itu pasti sama: Lulus dengan baik.

Terakhir, ciri-ciri orang yang mau belajar itu ia tidak lupa menyertai langkah atau ikhtiarnya dengan doa. Jadi, mari menikmati setiap proses dan pembelajaran hidup. Bangkit dan terus berjuang sampai mencapai titik kebahagiaan dan kesuksesan. (S2-25)

BERITA TERKAIT