16 May 2019, 13:36 WIB

Antisipasi Cacar Monyet, Adi Soemarmo Dipasangi Thermoscan


Ferdinand | Nusantara

Antara
 Antara
Bandara Adi Sumarmo dipasangi alat thermoscan untuk mendeteksi virus cacar monyet dari penumpang pesawat dari luar negeri. 

BANDARA Internasional Adi Soemarmo, Surakarta, Jawa Tengah memasang thermoscan di terminal kedatangan luar negeri untuk mengantisipasi penularan virus cacar monyet.

Alat pemindai suhu tubuh dengan akurasi tinggi tersebut dipasang oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan, sejak santernya pemberitaan terkait penyakit yang disebabkan virus monkeypox itu di Singapura.

"Ini sebagai langkah antisipasi saja," kata Humas PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo, Danardewi, Kamis (16/5).

Bandara Adi Soemarmo saat ini tidak memiliki rute langsung ke Singapura. Akan tetapi, lanjut Dewi, kewaspadaan dan upaya pencegahan tetap harus dilakukan.  

baca juga: Korsel Mengundurkan Diri, Tiongkok Tuan Rumah Piala Asia 2023

Pemindaian suhu tubuh menggunakan piranti canggih itu tidak membutuhkan waktu lama. Penumpang melalui sensor thermoscan langsung bisa diketahui berapa derajat suhu tubuhnya melalui layar komputer. Adapun orang yang terpapar virus cacar monyet, salah satu cirinya memiliki suhu tubuh di atas 38,5 derajat celsius.

"Sejauh ini belum ada penumpang yang suhu tubunya mencapai itu. Kalau terdeteksi, akan langsung diperiksa kesehatannya dan bila perlu dirujuk
ke rumah sakit," kata Danardewi. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT