Hari Ini, KPU Mulai Rekapitulasi Suara Jabar


Penulis: Kautsar Widya Prabowo - 16 May 2019, 09:00 WIB
MI/ADAM DWI
 MI/ADAM DWI
Ketua KPU Arief Budiman (kedua dari kanan) memimpin Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Pemilu 2019.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) kembali melanjutkan rekapitulasi suara nasional Pemilu 2019, Kamis (16/5). KPU menargetkan merampungkan penghitungan suara di dua Provinsi.

"Kita sudah mendapat konfirmasi. Kita akan melakukan rekapitulasi untuk Provinsi Jawa Barat (Jabar). Kemudian kemungkinan kalau masih kekejar, kita akan melakukan rekap untuk Sulawesi Selatan (Sulsel)," ujar Ketua KPU Arief Budiman, di Gedung KPU, Rabu, (15/5).

Arief menuturkan hanya ada satu ruang panel untuk rekapitulasi. Sebab, hanya ada dua provinsi. Berbeda dengan sebelumnya, KPU membuat dua panel untuk mempercepat rekapitulasi lebih dari dua provinsi.

Rekapitulasi dijadwalkan berlangsung pukul 10.00 WIB.

Baca juga: KPU Bergeming walau Diancam

"Daripada kita mulai siang lalu selesai larut malam maka kami akan jadwalkan mulai pukul 10.00 WiB. Mudah-mudahan sebelum buka (puasa) bersama bisa selesai," tutur dia.

Dapil Jawa Barat merupakan salah satu dapil yang menjadi ajang pertarungan nama-nama beken di ibu kota dalam Pemilihan Legislatif 2019. Mereka memperebutkan 91 kursi DPR yang tersebar pada 11 daerah pemilihan.

Hingga Rabu (15/5) pukul 21.00 WIB, KPU telah mengesahkan rekapitulasi hasil penghitungan suara di 26 provinsi. KPU masih harus menyelesaikan rekap di delapan provinsi lainnya.

Hasil resmi Pemilu 2019 akan diumumkan KPU pada Rabu (22/5) mendatang. (Medcom/OL-2)

BERITA TERKAIT