14 May 2019, 07:30 WIB

Felicity Huffman Mengaku Bersalah dalam Skandal Suap Universitas


Basuki Eka Purnama | Hiburan

AFP/Joseph Prezioso
 AFP/Joseph Prezioso
Aktris Felicity Huffman

AKTRIS Felicity Huffman, Senin (13/5), mengaku bersalah membayar suap untuk membantu putrinya masuk ke sebuah universitas bergengsi, Pengakuan bersalah itu menghindari Huffman dari persidangan yang akan menjadi sorotan dan kemungkinan hukuman penjara.

Mantan bintang serial Desperate Housewives itu merupakan selebritas teranyar yang tersangkut skandal suap univeritas yang telah mengungkap sejumlah orangtua kaya Amerika Serikat.

Dalam pengakuan penuh air mata di depan Hakin Indira Tawani di Boston, Huffman mengaku bersalah membayar US$15 ribu untuk mendongkrak nilai SAT, nilai yang diperlukan masuk universitas, putrinya.

Kejahatan itu memiliki hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda maksimal US$250 ribu. Namun, dengan mengaku bersalah, Huffman kemungkinan besar terbebas dari ancaman hukuman itu.

Jaksa telah merekomendasikan hukuman percobaan satu tahun dan denda sebesar US$20 ribu, meski hakim bisa mengubah usulan itu.

Baca juga: Anne Hathaway Dapat Bintang di Hollywood Walk of Fame

Huffman mengungkapkan rencananya untuk mengaku bersalah pada bulan lalu dengan mengatakan dirinya malu dengan apa yang dilakukannya.

Pembacaan hukuman untuk Huffman akan dilakukan pada 13 September mendatang.

Di antara 50 orang yang didakwa dalam skandal suap universitas itu, 10 orang telah mengaku bersalah, termasuk lima orangtua.

Sebanyak 50 orangtua lainnya mengatakan juga akan mengaku bersalah terkait skandal yang salah satu tertuduhnya dilaporkan membayar sebesar US$400 ribu agar anaknya diterima di universitas pilihan mereka.

Pemimpin skandal itu, William 'Rick' Singer' yang disebut membayar sekitar US$25 ribu kepada pelatih dan administrasi universitas, telah mengaku bersalah dan bekerja sama dengan pihak berwenang. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT