14 May 2019, 06:01 WIB

PKB Dukung Puan Maharani jadi Ketua DPR


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

MI/Widjajadi
 MI/Widjajadi
Puan Maharani (tengah)

KETUA Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mendukung Ketua DPP PDIP Puan Maharani untuk menjadi Ketua DPR periode 2019--2024. Cak Imin berpendapat Puan layak dan bisa berperan dengan baik sebagai ketua DPR.

"Mbak Puan sangat layak jadi Ketua DPR dan Mbak Puan mungkin akan membuka sejarah menjadi perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI," ujar Cak Imin, di Rumah Dinas Ketua DPR, Jakarta, Senin (13/5).

Cak Imin mengatakan mendukung bila ada wacana penempatan perempuan dalam pimpinan DPR.

Nantinya, PKB juga akan menyodorkan nama kadernya yang perempuan untuk menjabat sebagai wakil ketua DPR. Namun, Cak Imin mengaku masih menunggu perolehan suara resmi yang diumumkan KPU pada 22 Mei mendatang.

"Ya pasti, pasti. Kami tunggu perkembangan," ujar Cak Imin.

Baca juga: PDIP Beri Sinyal Kuat Tunjuk Puan Jadi Ketua DPR

Peluang PDIP menempatkan kadernya menjadi Ketua DPR terbuka lebar melihat hasil hitung cepat pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Partai berlambang banteng moncong putih itu hampir dipastikan menjadi partai pemenang Pemilu 2019.

Berdasarkan data real count resmi KPU dari 325.119 TPS per Senin (13/5) pagi, PDIP mengumpulkan sebanyak 20% suara. Di bawah partai berlambang banteng itu mengekor Golkar dengan perolehan suara sebanyak 13,13%.

Ketua DPR Bambang Soesatyo menegaskan kursi Ketua DPR di periode selanjutnya akan diduduki partai pemenang Pemilu 2019.

Menurutnya, aturan tersebut sudah tertuang di dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3). (OL-2)

BERITA TERKAIT