PDIP Beri Sinyal Kuat Tunjuk Puan Jadi Ketua DPR


Penulis: Cahya Mulyana - 13 May 2019, 22:23 WIB
MI/Susanto
 MI/Susanto
Wasekjen PDIP Ahmad Basarah

WAKIL Sekretaris Jenderal Bidang Pemerintahan DPP PDIP, Ahmad Basarah mengatakan PDIP memiliki sosok yang sangat tepat memimpin wakil rakyat untuk periode 2019-2024. Ia adalah Puan Maharani.

Pengalamannya sudah sangat matang di ranah legislatif ditambah juga di bidang pemerintahan.

"Puan Maharani memang kader PDIP yang paling berpeluang untuk menjadi Ketua DPR RI. Sesuai kententuan UU MD3, parpol pemenang pileg 2019 berhak menugaskan kadernya untuk menjadi Ketua DPR RI," katanya kepada Media Indonesia. Senin (13/5).

Menurut pria yang menjabat Wakil Ketua MPR RI itu, Puan memiliki pengalaman sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan periode 2014-2019. Puan juga pernah menjabat Ketua Fraksi PDIP 2009- 2014 dan sudah 3 periode menjadi pengurus DPP PDIP.

"Puan juga memiliki legitimasi yang kuat untuk duduk sebagai Ketua DPR RI karena perolehan suara Puan dalam pileg 2019 ini memecahkan rekor perolehan tertinggi yaitu di atas 420 ribu suara. Pergaulan dan interaksi politik Puan dengan berbagai kalangan sosial politik juga sangat luas dan baik. Dia kader partai yang paling dipercaya untuk urusan-urusan publik saat ini," paparnya.

Baca juga : NasDem Sebut Puan Pantas Duduki Kursi Ketua DPR

Namun demikian, lanjut dia, keputusan akhir tentang siapa yang akan ditugaskan menjadi Ketua DPR RI dari PDIP tetap tergantung hak prerogatif dan keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Maka sebaiknya kita tunggu saja bagaimana keputusan Bu Mega dalam waktu yang paling tepat," tegasnya.

Di luar itu, kata dia, terdapat faktor utama dalam mengoptimalkan kinerja DPR yakni kemudahan akses politik untuk membuat kesepakatan. Politik pada akhirnya adalah tentang menghasilkan kesepakatan, termasuk dalam hal politik legislasi maupun politik pengawasan.

"Dengan banyaknya koalisi parpol pendukung Jokowi Amin yang lolos ke parlemen tentu akan memudahkan Ketua DPR untuk mengkoordinasikan dan mengoptimalkan kinerja dewan. Pengalaman Puan yang lengkap, baik di DPP PDIP, Ketua Fraksi PDIP DPR RI dan sekarang sebagai Menko PMK akan sangat mendukung untuk tugas mengkonsolidasikan efektifitas kinerja DPR RI jika dia menjadi Ketua DPR RI," tutupnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT