Nadya Hutagalung Serukan Pembangunan Ramah Lingkungan


Penulis: (TS/M-1) - 12 May 2019, 04:00 WIB
MI/PANCA SYURKANI
 MI/PANCA SYURKANI
Model dan pemandu acara TV Nadya Hutagalung 

NADYA Hutagalung baru-baru ini menyinggung proyek PLTA di Batang Toru, Sumatra Utara. Proyek PLTA tersebut memang sudah lama dikeluhkan banyak lembaga lingkungan karena mengancam keberadaan kelestarian sumber daya hayati, termasuk spesies yang baru ditemukan dua tahun lalu, orang utan tapanuli. Berkat seruan berbagai lembaga, investor proyek tersebut kini sedang melakukan kajian lagi.

"Pembangunan memang penting. Namun, yang lebih penting lagi adalah pembangunan yang dapat melindungi spesies-spesies paling terancam, termasuk spesies kera besar yang paling terancam," kata Nadya dalam video yang diunggah di akun Instagram, @nadyahutagalung, baru-baru ini. Ia berbicara dari markas PBB di Nairobi, Kenya.

Di sisi lain, lewat unggahan itu ia juga menyentil soal kesadaran masyarakat Indonesia yang masih minim soal masalah lingkungan maupun spesies yang terancam punah. Perempuan berdarah Australia Batak ini pun menyerukan agar masyarakat lebih peka akan berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar.

Nadya memang bukan di dunia konservasi. Nadya yang di tahun 1990-an terkenal sebagai VJ MTV, membuat program edukasi soal kelestarian gajah pada 2014. Tahun berikutnya, perempuan berusia 44 tahun ini ditunjuk sebagai duta oleh Badan Lingkungan PBB (UNEP).

BERITA TERKAIT