06 May 2019, 15:00 WIB

Instagram Luncurkan Stiker dan Filter Ramadan


Antara | Teknologi

ANTARA News/HO Instagram
 ANTARA News/HO Instagram
Filter Lantern selama bulan Ramadhan di Instagram Stories. 

INSTAGRAM memeriahkan bulan suci bagi umat Muslim dengan menghadirkan filter bertema Ramadan untuk digunakan di platform Stories dan stiker GIF buatan kreator lokal.    

"Kami melihat penggunaan hashtag #ramadhan dan #bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu. Maka, kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories," kata Manajer Komunikasi Instagram Asia-Pasifik, Putri Silalahi, dalam keterangan pers, Senin (6/5).    

Filter Instagram untuk Ramadan diberi nama 'Lantern' berupa ornamen bulan sabit bokeh dengan berbagai pilihan rancangan saat diketuk. Fitur Lantern di Instagram Stories dapat dipakai mulai 5 Mei hingga 5 Juni.    

Instagram juga berkolaborasi dengan lima kreator Indonesia untuk membuat stiker GIF berisi pesan singkat yang kerap dibagikan saat Ramadan, misalnya ucapan sahur, berbuka puasa, ngabuburit, serta ucapan Selamat Lebaran.  

Baca juga: 2100, Facebook Bakal Dipenuhi Pengguna yang Telah Meninggal

Instagram kali ini berkolaborasi dengan thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho atau bulletos dan Haikal dalam stiker GIF untuk Ramadan.    

Untuk mencari stiker ini, pengguna bisa mengetik Ramadhan Instagram' di kolom pencarian GIF di Instagram Stories.    

Instagram mencatat kenaikan volume penggunaan Instagram Stories di Indonesia selama bulan Ramadan dibandingkan bulan biasa, berdasarkan data mereka pada periode Januari-Juni 2018.    

Tanda pagar yang paling banyak dicari pengguna Indonesia selama bulan puasa antara lain #ramadhan, #bukber, #gamissyari, dan #bajulebaran. (OL-2)

BERITA TERKAIT