06 May 2019, 12:16 WIB

Palestina dan Israel Sepakat Gencatan Senjata


Antara | Internasional

GELOMBANG kekerasan mematikan di Jalur Gaza dan Israel selatan mereda.    

Sejumlah pejabat Palestina juga melaporkan bahwa Mesir berhasil melakukan mediasi gencatan senjata pada Senin (6/5) pagi.   

Putaran pertempuran terbaru meletus tiga hari lalu, dengan puncaknya pada Minggu (5/5) ketika sejumlah roket dan rudal dari Gaza menewaskan empat warga sipil di Israel.

Sementara itu, serangan Israel menewaskan 19 warga Palestina, lebih dari setengahnya merupakan warga sipil.    

Dua pejabat Palestina dan stasiun TV Hamas, penguasa garis keras di Gaza, mengungkapkan gencatan senjata disepakati pukul 04.30 waktu setempat berhasil menghentikan kekerasan meluas menjadi konflik.    

Baca juga: Indonesia Kecam Serangan Israel ke Jalur Gaza

Pejabat Israel tidak berkomentar apakah gencatan senjata telah dicapai.    

Militer Israel mengatakan lebih dari 600 roket dan proyektil lainnya - lebih dari 150 di antaranya dicegat sistem antirudal Iron Dome - ditembakkan ke sejumlah kota dan desa di Israel selatan sejak Jumat (3/5).

Pihaknya mengatakan telah menyerang sekitar 320 sasaran milik kelompok gerilyawan Gaza.    

Namun kekerasan - bentrokan perbatasan paling parah sejak pertempuran pada November - terlihat mereda pada Senin (6/5) pagi.    

Sirene roket di Israel selatan, yang terus menyala selama sepekan dan menyebabkan penduduk berhamburan mencari perlindungan, tidak berbunyi dalam beberapa jam sebelum fajar. (OL-2)

BERITA TERKAIT