02 May 2019, 16:45 WIB

Uji Coba B30 Ditarget Selesai September


Andhika Prasetyo | Ekonomi

KETUA Harian Asosiasi Produsen Biofuel Indonesia (Aprobi) Paulus Tjakrawan mengungkapkan proses uji coba B30 sudah mulai berjalan dan sedang memasuki proses overhaul terhadap kendaraan-kendaraan yang akan diuji coba.

Overhaul merupakan kegiatan pembongkaran kendaraan mulai dari tangki bahan bakar, pipa sampai mesin.

"Jadi semuanya dinolkan, dibarukan, dibersihkan. Nanti akan terlihat hasil setelah pemakaian seperti apa," ujar Paulus di kantornya, Jakarta, Kamis (2/5).

Proses tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu dekat dan uji jalan bisa dilaksanakan pada bulan ini. Mobil-mobil penguji B30 akan menempuh jalan sepanjang 40 ribu kilometer dengan berbagai rute.

"Kita akan jalan di dataran rendah, dataran tinggi, lalu lintas padat, jalan tol, berbagai iklim," tuturnya.

Baca juga: Program B30 Siap Diuji Coba

Ditargetkan, uji jalan paling lambat akan selesai pada September mendatang. Jika hasilnya baik dan dapat diterima seluruh pihak, penerapan B30 bisa dilaksanakan secepatnya bahkan pada kuartal empat tahun ini.

Aprobi pun mengapresiasi seluruh pihak yang sangat memberi dukungan terhadap uji coba B30 terutama Gabungan Indusitri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

"Ada sebelas mobil yang ikut uji coba dan itu pemberian Gaikindo. Ada Toyota, Mitsubishi, Daihatsu, Isuzu, Hino dan lain-lain. Mereka semua sangat mendukung program biodiesel dan ini sangat baik bagi industri kita," tandas Paulus.(OL-5)

BERITA TERKAIT