Balkondes Sambirejo, Wujud Telkom Grup Bangun Ekonomi Desa


Penulis: mediaindonesia.com - 29 April 2019, 08:30 WIB
Dok Telkom
 Dok Telkom
Menteri BUMN Rini M Soemarno (dua dari kiri) saat peresmian Balkondes Sambirejo (Tebing Breksi) di Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (27/4).

TELKOM Grup terus berkomitmen membangun negeri dengan turut mendorong perekonomian nasional hingga ke desa-desa. Salah satunya melalui pembangunan Balai Ekonomi Desa (Balkondes).

Pada Sabtu (27/4), Telkom Grup meresmikan Balkondes Sambirejo (Tebing Breksi) di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peresmian Balkondes Sambirejo dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno, Bupati Sleman Sri Purnomo, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga dan Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah.
 
Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Rini mengatakan bahwa kehadiran Balkondes merupakan upaya BUMN untuk turut serta meningkatkan ekonomi masyarakat desa melalui penyediaan berbagai sarana dan prasarana penunjang ekonomi Desa. "Untuk itu,  saya berterima kasih kepada Telkom dan Telkomsel yang telah membangun Balkondes Sambirejo ini. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga desa setempat,” tutur Rini.

Baca juga: Direksi Telkom Motivasi 3.000 Mahasiswa di Palembang
 
Direktur Utama Telkom Alex mengatakan, “Balkondes Sambirejo yang dibangun Telkomsel ini merupakan kontribusi Telkom Grup sebagai bagian dari BUMN Hadir untuk Negeri yang berkontribusi mengembangkan potensi masyarakat sekitar khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital,” ujarnya.

Balkondes ini, lanjutnya,  akan menjadi sentra kegiatan UMKM desa untuk mengembangkan kerajinan, kuliner melalui fasilitas workshop dan galeri.

“Balkondes dan seluruh fasilitas yang ada di Desa Wisata Sambirejo juga kami support dengan Information and Communication Technology (ICT) sehingga seluruhnya terintegrasi,” jelasnya.
 
Dalam membangun Desa Wisata Sambirejo, Telkom Grup membangun Balkondes dengan menghadirkan fasilitas homestay yang memungkinkan wisatawan dapat menginap dan menikmati lingkungan asri perdesaan dengan suasana di atas bukit.

Selain itu, dibangun pula beberapa fasilitas lain di antaranya Rumah Joglo, Amphitheatre sebagai panggung kesenian dan pentas budaya, Pergola Joglo Gallery sebagai ruang pertemuan dan galeri, Joglo Limasan sebagai lokasi workshop dan ruang pajang para pelaku UMKM, Green Garden, serta Resto.
 
Memiliki luas wilayah 2.500 m2, kini Desa Sambirejo memiliki Balkondes yang ditunjang dengan berbagai layanan berbasis teknologi digital, seperti sistem pembayaran digital dengan LinkAja untuk sistem parkir, pujasera, sewa mobil jip, serta pembayaran penginapan maupun meeting room.
 
Letak Balkondes juga sangat strategis, berjarak sekitar 7 km dari kompleks Candi Prambanan dan sangat dekat dengan kompleks Candi Ratu Boko, Candi Ijo, Candi Barong, dan Candi Banyunibo. Para wisatawan akan disajikan pemandangan utama perbukitan batuan breksi yang memiliki corak indah serta pegunungan seperti Gunung Merapi dan Gunung Pegat.
 
Telkom Grup memproyeksikan Desa Sambirejo akan menjadi Digital Heritage Village, yaitu desa wisata yang memadukan teknologi digital dengan keunikan suasana perdesaan dalam berbagai kegiatan budaya, kesenian, pendidikan dan agrowisata.
 
“Dengan pesona keindahan di Balkondes Sambirejo ini, kami berharap semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke wilayah ini. Ke depannya Balkondes Sambirejo akan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Oleh karenanya, seluruh pendapatan dari balkondes tersebut akan menjadi milik desa. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan perekonomian di Desa Sambirejo,” tutup Alex. (RO/S2-25)

BERITA TERKAIT