Ganda Indonesia masih di Trek yang Benar


Penulis: MI - 27 April 2019, 11:00 WIB
ANTARA/Widya Amelia
 ANTARA/Widya Amelia
Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon sukses menyegel tiket ke semifi nal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019

PASANGAN ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Gideon sukses menyegel tiket ke semifi nal Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019 setelah menyingkirkan pasangan Tiongkok, Han Chengkai/ Zhou Haodong, dengan skor 21-13, 19-21, dan 21-16 di perempat fi nal, kemarin.

Pada pertandingan yang berlangsung di Wuhan Sport Center tersebut, the Minions--julukan Kevin/Marcus sepertinya akan memenangi laga dengan mudah ketika mereka unggul 21-13. Namun, di set kedua, pasangan tuan rumah itu bangkit.

The Minions pun dipaksa takluk 19-21. Di set ketiga, Kevin/Marcus yang merupakan ganda nomor satu dunia, tidak lagi memberi kesempatan lawan untuk berkembang. Mereka pun menutup laga dengan kemenangan 21-16.

Kesuksesan serupa dipetik pasangan ganda putri Rizki Amelia Pradipta/Della Destiara Haris. Mereka melaju ke babak empat besar setelah menyingkirkan Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (Taiwan) dua gim langsung, 21-12, 21-18.

“Memang pasangan Taiwan ini tipe mainnya seperti itu, tidak mudah dimatikan, pertahanannya cukup rapat. Tadi banyak reli-reli panjang. Pada gim pertama, mereka kalau diserang bisa langsung tembus, tapi di gim kedua mereka lebih siap,” tutur Della.

Baca juga: Kevin/Marcus Akui Persaingan Ganda Putra Dunia Semakin Ketat

“Hari ini (kemarin) bisa menang dua gim langsung karena kami lebih siap dari lawan,” timpal Rizki.

Pada babak semifi nal, Rizki/Della akan bertemu pasangan tuan rumah, Chen Qingchen/Jia Yifan atau wakil Korea, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Rizki/Della tercatat belum pernah kalah dari Chen/Jia dalam tiga pertemuan, sedangkan Lee/ Shin unggul 1-0 atas Rizki/Della.

Pada bagian lain, legenda bulu tangkis Indonesia, Rudy Hartono berharap para pelatih di pelatnas lebih selektif dalam menurunkan atlet di kejuaraan sebab tidak semua atlet bisa mempertahankan performanya dalam satu musim.

“Jadi kalau target kamu All England, ya fokus di situ. Dari pengalaman saya kalah di sebuah turnamen enggak apa-apa karena target saya All England.”

“Jadi menurut saya, semua itu harus punya program yang tepat. Jangan mengirimkan pemain kalau belum yakin,” tambah Rudy yang kini menjabat sebagai ketua umum PB Jaya Raya. (Des/R-2)

BERITA TERKAIT