25 April 2019, 22:20 WIB

KLHK Raih Penghargaan Kearsipan


(Dhk/H-2) | Humaniora

Ist
 Ist
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih ANRI Award 2019 sebagai Juara Pertama Unit Kearsipan Kementerian Terbaik Nasional 

KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih ANRI Award 2019 sebagai juara pertama Unit Kearsip-an Kementerian Terbaik Nasional 2019. Salah satu inovasi yang dinilai terbaik ialah Sistem Monitoring Hutan Nasional (Simontana). Penghargaan dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) tersebut diterima Menteri LHK Siti Nurbaya di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (25/4).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin sebagai koordinator lembaga ANRI mengapresiasi capaian tersebut. “Kearsipan masih dianggap remeh padahal di era digital ini inovasi perbaikan tata kelola kearsipan pemerintah berbasis elektronik menjadi mutlak, bukan hanya sekadar pilihan,” ucap Syafruddin.

Ia menambahkan dokumen-dokumen kearsipan pemerintah perlu ditata dengan baik karena data kearsipan dapat menjadi catatan sejarah yang bisa digunakan kembali di masa mendatang. KLHK dinilai melakukan banyak inovasi kearsipan yang mendorong unit-unit kerja mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi digital.

Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan sistem Simontana yang dikelola Direktorat Inventarisasi dan Pemantauan Sumber Daya Hutan tersebut menjadi satu-satunya penyedia data spasial tutupan lahan secara periodik dari 1990 hingga sekarang. Sistem digital interaktif itu juga menyajikan data deforestasi dan degradasi hutan. Simontana dibangun sebagai media transparansi kepada publik.  (Dhk/H-2)

BERITA TERKAIT