25 April 2019, 15:15 WIB

Turuti Nasehat Dokter, Lee Chong Wei Absen di Piala Sudirman


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/Mohd RASFAN
 AFP/Mohd RASFAN
Lee Chong Wei

PEBULU tangkis Malaysia Lee Chong Wei yang masih menjalani perawatan karena kanker hidung memutuskan mengundurkan diri dari ajang Piala Sudirman di Tiongkok pada bulan depan.

Keputusan itu diambil Lee setelah dokter meminta dia untuk tidak memaksakan diri.

Absennya Lee dalam kejuaraan yang diadakan antara 19 dan 26 Mei itu merupakan ketiga kalinya pebulu tangkis berusia 26 tahun itu gagal melakukan comeback. Hal itu membuat peluang Lee berlaga di Olimpiade 2020 semakin menipis.

Sebelumnya, Lee sudah absen di All England pada Maret dan Malaysia Terbuka, April lalu.

Baca juga: Tommy Terhadang di Babak Kedua Kejuaran Asia

Kesulitan pulih total, peraih tiga medali perak Olimpiade itu sudah tidak bermain sejak Juli tahun lalu ketika dia didiagnosa menderita kanker hidup stadium awal.

"Saya mengonfirmasi bahwa Lee Chong Wei tidak akan ambil bagian di ajang Piala Sudirman," ujar Sekjen Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia Ng Chin Chai.

"Dia masih menjalani perawatan. Dokternya meminta agar dia mengurangi aktivitas dan tidak ambil bagian dalam kompetisi dulu," imbuhnya.

Peringkat Lee melorot ke 73 dunia sejak didiagnosa menderita kanker dengan tiga tunggal putra Malaysia lain berada di atas dirinya.

Lee harus meningkatkan peringkatnya jika ingin berlaga di Olimpiade 2020. Pasalnya, tiap negara hanya bisa mengirimkan maksimal dua pemain tunggal dengan syarat keduanya berada di peringkat 16 besar dunia. (AFP/OL-2)

BERITA TERKAIT