Anies Maklumi Kinerja DPRD Menurun Pascapemilu


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 24 April 2019, 13:38 WIB
MI/Putri Anisa Yuliani
 MI/Putri Anisa Yuliani
Selepas Pemilu kinerja DPRD DKI semakin melambat. Ruang rapat lantai 3 Gedung DPRD DKI Jakarta kosong pada Senin (22/4).

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan memaklumi kinerja anggota DPRD yang melambat terutama soal pemilihan wakil gubernur yang hingga kini belum terlihat prosesnya. Menurutnya, hal itu karena kesibukan anggota menghadapi Pemilu 2019.

Meskipun pemungutan suara telah dilakukan, tetapi penghitungan suara masih dilakukan. Anies pun menduga proses penghitungan inilah yang sedang dihadapi dan diawasi anggota dewan sehingga membuat lambatnya kinerja dewan.

"Saya rasa ini kalau bicara objektif di lapangan. Saya rasa semua anggota dewan sedang menunggu hasil Pemilu. Tapi anggota dewan sedang menunggu hasilnya sehingga pasti konsentrasinya ke situ," ujar Anies usai membagikan Kartu Lansia Jakarta di Jakarta Utara, Rabu (24/4).

Anies menegaskan ketika rekapitulasi suara telah ditetapkan dan anggota dewan telah mendapat kejelasan mengenai nasib mereka di DPRD DKI untuk lima tahun mendatang, ia yakin DPRD akan segera mengebut pekerjaan-pekerjannya di sisa tahun 2019.

Baca juga: Sandi tak Tertarik Jadi Wagub Lagi

Saat ini, lebih dari 90% anggota dewan DKI maju mencalonkan diri kembali dalam Pemilu 2019 baik sebagai anggota DPRD DKI maupun sebagai anggota DPR RI.

"Nanti, ketika ada keputusan, saya rasa mereka akan aktif lagi bersidang. Prosesnya akan dmulai," ujarnya.

Hingga saat ini, kursi wagub DKI masih kosong semenjak ditinggalkan Sandiaga Uno yang maju mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada Pemilu 2019.

Terdapat dua cawagub yang diusung PKS dan Partai Gerindra yakni Achmad Syaiku dan Agung Yulianto untuk dipilih oleh DPRD DKI.

Namun, hingga kini, panitia khusus pemilihan wagub DKI belum terbentuk. Masih ada tiga fraksi yang belum menyerahkan nama perwakilannya untuk menjadi anggota pansus yakni Partai Gerindra, PDIP, dan Partai Demokrat. (OL-2)

BERITA TERKAIT