Anies Bagikan 40 Ribu Kartu Lansia Jakarta


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 24 April 2019, 10:13 WIB
ANTARA/Rivan Awal Lingga
 ANTARA/Rivan Awal Lingga
 Warga menunjukkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan Kartu Lansia Jakarta (KLJ), hari ini, rABU (24/4), di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Amanah Komplek Jakarta Islamic Center, Koja, Jakarta Utara.

Pembagian secara simbolis yang dilakukan di Koja itu merupakan pembagian KLJ tahap 2 setelah sebelumnya pada Maret lalu Anies juga membagikan sebanyak 12.141 KLJ.

Total KLJ yang akan dibagikan sepanjang 2019 berjumlah 40.419 dengan nilai anggaran Rp291.016.800.000. Sementara itu, untuk data lansia pada BDT Provinsi DKI Jakarta sebanyak 112.417 orang.

KLJ merupakan janji kampanye Anies semasa mencalonkan diri menjadi gubernur pada Pilkada 2017 lalu.

Baca juga: Anies Ancam Pemilik Lahan

"KLJ diberikan kepada warga DKI yang berusia di atas 60 tahun, tidak memiliki penghasilan tetap atau kurang mampu, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dasar. Mereka juga secara fisik memiliki kendala begitu juga secara psikologis. KLJ juga dibagikan kepada orang tua yang memiliki penyakit menahun dan sama sekali tidak bisa melakukan kegiatan," kata Anies dalam sambutannya.

Melalui KLJ, para lansia akan menerima Rp600 ribu per bulan yang disalurkan melalui rekening Bank DKI.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga memberikan pendampingan khusus bagi para lansia agar dapat menarik tunai maupun menggunakan KLJ secara nontunai.

"Harapannya dengan adanya bantuan ini mereka bisa hidup lebih layak. Nilainya Rp600 ribu per bulan dan ini akan diberikan triwulan kemudian mereka mengambil di kantor Bank DKI atau ATM Bank DKI," pungkasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT