1.052 Perusahaan Capai Zero Accident


Penulis: Andhika Prasetyo - 24 April 2019, 12:00 WIB
Biro humas kemenaker
 Biro humas kemenaker
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri

KEMENTERIAN Ketenagakerjaan (Kemenaker) memberikan penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada 1.052 perusahaan yang mampu mewujudkan kecelakaan nihil atau zero accident di dalam lingkungan kerja.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri pun sangat mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan korporasi-korporasi dalam menerapkan K3 dengan sempurna.

Ia mengakui mencapai zero accident bukanlah perkara mudah. Maka dari itu, perusahaan tidak perlu menganggap K3 sebagai beban.

"Jadikan semua proses yang dijalankan sebagai investasi. Karena pada akhirnya, ketika zero accident tercapai, yang akan mendapatkan manfaat ya perusahaan juga," ujar Hanif melalui keterangan resmi, Rabu (24/4).

Baca juga: Pemerintah Siapkan Bujet Kartu Jokowi

Di tengah peralihan dunia industri menuju 4.0, ada banyak jenis pekerjaan baru yang muncul. Dengan munculnya jenis pekerjaan baru, akan timbul potensi-potensi bahaya baru yang mungkin belum pernah terjadi sebelumnya.

"Untuk mengantisipasi ini, kita perlu strategi pengendalian, mitigasi, agar tidak terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja,” tuturnya.

Pemerintah pun terus memfasilitasi perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing dengan melaksanakan seminar, sosialisasi, pelatihan dan pengawasan.

Hasilnya pun cukup baik karena jumlah perusahaan yang meraih zero accident pada tahun ini lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Tahun ini, yang nihil kecelakaan mencapai 1.052 perusahaan. Pada 2018 hanya 952 perusahaan. Ada kenaikan 9,5%," tandasnya. (OL-2)

BERITA TERKAIT