Ketika Khalid Mendamba Kebebasan


Penulis: Galih Agus Saputra - 23 April 2019, 01:05 WIB
Instagram/thegr8khalid
 Instagram/thegr8khalid
Khalid dan John Mayer berkolaborasi dalam single Outta My Head.

Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika Serikat, Khalid, baru-baru ini meluncurkan album barunya. Seakan mengulang kisah sukses album-album terdahulunya, Khalid melalui 'Free Spirit' yang dirilis awal bulan lalu, telah berhasil menduduki peringkat pertama ajang bergengsi Billboard 200. Ia mengalahkan sejumlah karya musikus lain seperti Billie Eilish's, Nipsey Hussle, Ariana Grande, dan Sara Bareilles.

Tidak hanya itu, dalam albumnya kali ini, musikus kelahiran 11 Februari 1998 itu juga  mempersembahkan film pendek untuk penggemarnya. Emil Nava ialah seniman yang dipercaya sebagai sutradara, yang mengarahkan produksi film berdurasi kurang lebih 30 menit itu menjadi tiga bagian.

Secara keseluruhan film pendek tersebut bercerita tentang perjalanan sekumpulan anak muda yang tengah mencari jati dirinya. Khalid adalah salah satu pemuda yang tergabung dalam kumpulan tersebut, sebagai sosok yang mendambakan semangat kebebasan (free spirit).

"'Free Spirit' dapat membebaskanku dari hal-hal yang selama ini menghalangiku menjadi bebas seperti burung," tutur pemilik nama lengkap Khalid Donnel Robinson itu, dalam salah satu adegan film pendek tersebut, yang pada Senin (22/4) lalu sempat diputar di CGV, FX Sudirman, Senayan, Jakarta.

Meski demikian film 'Free Spirit' sendiri sebenarnya bercerita tentang seorang perempuan yang bertahan hidup dari lingkungan sekitarnya. Seolah tak kenal lelah, perempuan bernama Lindsay itu dengan gigih menghadapi cobaan di sekitar, mulai dari ibunya yang pecandu alkohol, hingga profesinya sebagai penari bugil.

Pada bagian pertama, Lindsay kabur dari rumah setelah bertengkar dengan ibunya. Setelah itu ia kemudian bertemu dengan Khalid beserta teman-teman lainnya dan mulai mencari kebebasannya. Emil memberi judul bagian pertama ini 'The Void', yang mana tampak selaras dengan situasi dan kondisi beberapa adegan di dalamnya, yang menggambarkan sejumlah anak muda tampak tak memiliki arah dan tujuan di hidupnya.

Perjalanan Lindsay kemudian berlanjut setelah Khalid dan teman-temannya berhasil mencuri mobil van. Bagian kedua ini berjudul 'The Trip', yang menceritakan niat mereka untuk meninggalkan aktivitas sehari-hari, sekaligus menghindari hiruk-pikuk lingkungan di sekitarnya. Tujuannya adalah satu, mereka ingin menemukan tempat dan semangat baru. Meski demikian, perjalanan Khalid ternyata berhenti di bagian ini. Ia sadar setelah bertemu dengan seseorang di hotel dan memberinya nasihat.

"Kadang kita memang memiliki begitu banyak ekspetasi dalam hidup ini. Tetapi kita sering tidak sadar bahwa kenikmatan itu sebenarnya cukup sederhana, seperti pemandangan langit di pagi hari yang ada di hadapan kita," tutur orang tersebut kepada Khalid.

Dalam salah satu adegan, Khalid mengaku ia sejak awal sebenarnya hanya ingin membuat album saja. Meski demikian, ia kemudian terpantik oleh kawan-kawannya yang ingin membuat proyek setelah ia berhasil dengan album ketiganya. "Entah kenapa 'Free Spirit' ini kemudian menjadi sangat bagus dan sinematik. Album ini kemudian lebih mirip dengan film," tuturnya.

Film pendek tersebut kemudian berakhir pada saat salah satu tokohnya bernama Marcus meninggal, akibat merampok toko di stasiun pengisian bahan bakar. Emil ketika ditanya Khalid, kemudian menjelaskan bahwa Marcus sebagai karakter merupakan gambaran anak muda masa kini, yang sering dilanda kebingungan namun mendambakan kebebasan. "Padahal kebebasan itu sendiri selalu punya pilihan," tuturnya.

Adapun album Free Spirit merupakan album ketiganya yang berisi 17 trek. Khalid merilis album perdananya, 'American Teen' pada 2017, disusul 'Suncity' pada 2018. Beberapa nomor yang patut disimak pada album ketiganya ini antara lain Talk, yang disebutnya sebagai lagu cinta. Kemudian ada pula lagu Heaven, yang ditulis Father John Misty. Album ketiga ini juga menampilkan Outta My Head, yang merupakan kolaborasi Khalid dengan John Mayer. (M-2)

BERITA TERKAIT