23 April 2019, 03:45 WIB

Balap Sepeda Cari Poin di Tashkent


(Ant/R-2) | Olahraga

ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan
 ANTARA FOTO/Putra Haryo Kurniawan
 Tim balap sepeda Indonesia berlaga dalam kualifikasi nomor Men Elite Team Pursuit Asian Track Championship 2019 

TIM balap sepeda Indonesia berharap bisa berprestasi maksimal pada kejuaraan Asian Road Cycling Championship 2019 yang berlangsung di Tashkent, Uzbekistan, pada 23-28 April nanti. Pasalnya, hal itu akan bisa menambah poin mereka untuk ke Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

“Harapan kami mereka bisa bersaing. Apalagi kejuaraan ini juga untuk mengumpulkan poin bagi Olimpiade 2020 di Tokyo,” kata Manajer Tim Balap Sepeda Indonesia, Budi Saputra, Senin (22/4).

Sebelum bertolak ke Uzbekistan, kata Budi, semua pebalap digem-bleng dalam pemusatan latihan di Yogyakarta. Latihan itu sangat terprogram mengingat para pembalap yang diberangkatkan berasal dari satu tim yakni PGN Cycling Team.  Tim bertolak menuju Uzbekistan dari Bandara Internasional ­Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (21/4) malam dan dikawal langsung pelatih kepala Dadang Haries Poernomo.  

Di kejuaraan tersebut, Indonesia bakal mengandalkan Aiman Cahyadi dan Sendy Nur Hasan untuk nomor individual time trial (ITT). “Memang benar. Untuk ITT kami mengandalkan Aiman di senior dan Sendy untuk U-23. Mereka juga akan turun di individual road race (IRR).”  

Selain Aiman dan Sendy Nur Hasan, PB ISSI juga mengirim tiga pembalap lainnya, yaitu Jamalidin Novardianto, Jamal Hibatulloh, dan Bambang Suryadi. Posisi pelatih dipercayakan kepada pelatih muda Rastra Patria Dinawan. Ketiganya turun di nomor IRR.     

Menurut Budi, dipilihnya Aiman dan Sendy untuk turun pada nomor ITT bukan tanpa alasan karena kemampuan keduanya. Apalagi Indonesia saat ini sudah tidak mengandalkan lagi pembalap senior Robin Manullang.

Pembalap asal Kalimantan Timur itu telah memberikan kesempatan kepada pembalap yang lebih muda.  Sesuai jadwal, untuk ITT U-23 bakal berlangsung Kamis (24/4) dan untuk senior Jumat (25/4). Adapun untuk IRR U-23 dan senior pada 26 dan 28 April.   

Salah satu pembalap nasional Jamalidin Novardianto mengaku sudah siap menunjukkan kemampuan terbaiknya.

 Selain mengirimkan atlet ke Asian Road Cycling Championship (ACC) 2019 di Tashkent, Uzbekistan, PB ISSI juga memberangkatkan satu pembalap,   Muhammad Fadli Imammudin, untuk turun di Asian Road Paracycling Championship di tempat yang sama. (Ant/R-2)

BERITA TERKAIT