Infrastruktur dan Vokasi Prioritas Utama Pemerintah


Penulis: Andhika Prasetyo - 22 April 2019, 20:05 WIB
MI/Panca Syurkani
 MI/Panca Syurkani
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution 

DI tengah hiruk pikuk pesta demokrasi, pemerintah terus bekerja dan mulai membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2020.

Pembangunan infrastruktur masih akan menjadi prioritas karena mendapat alokasi tinggi. Namun, di samping itu, ada juga pengembangan pendidikan vokasi yang mulai dikuatkan demi menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang andal dan berdaya saing.

Baca juga: Pemenuhan Standar Mutu Dorong Produk IKM Masuk Pasar Ekspor

"Vokasi jelas mulai masuk dengan beberapa perbaikan. Untuk besarannya, selain infrastruktur yang besar vokasi," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution di kantornya, Jakarta, usai menghadiri rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (22/4).

Ia mengatakan infrastruktur masih akan menjadi perhatian utama pemerintah karena untuk bisa menciptakan sinergitas antarinfrastruktur dibutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Bangun infrastrtuktur itu tidak setahun dua tahun. Barangkali, dari 220 PSN (Program Strategis Nasional), yang sudah selesai baru 69. Itu kan harus diteruskan walaupun nanti anggarannya tidak semua dari APBN," ucap Darmin.

Di samping membahas ketersediaan anggaran dan pagu indikatif, ia mengaku, dalam pertemuan bersama presiden, juga dibahas terkait proyeksi pertumbuhan ekonomi 2020.

"Sudah ada angkanya. Masih range," tandas Darmin. (OL-6)

BERITA TERKAIT