C-HR Hybrid Milik Toyota Ramaikan Segmen Mobil Ramah Lingkungan


Penulis: M Bagus Rachmanto - 22 April 2019, 18:30 WIB
ANTARA FOTO/Audy Alwi
 ANTARA FOTO/Audy Alwi
Toyota C-HR Hybrid

SETELAH model Prius, Camry, Alphard, kini giliran C-HR versi hybrid yang diperkenalkan PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk pasar otomotif tanah air. Hal ini tidak terlepas dari strategi Toyota untuk memperluas pasar mereka, khususnya pilihan kendaraan ramah lingkungan yang memanfaatkan tenaga listrik.
 
Selaras namanya, produk teranyar pabrikan mobil Jepang itu menggunakan teknologi hybrid dengan dua motor penggerak, yaitu Internal Combustion Engine (ICE) dan motor listrik.

Disebutkan, All New Toyota C-HR Hybrid juga didukung mesin 2ZR-FXE yang diklaim menghasilkan tenaga 100 PS, dipadukan motor listrik bertenaga 36 PS. Konsumsi bahan bakarnya diklaim lebih efisien 62 persen, dan emisi CO2 lebih rendah sekitar 60 persen jika dibandingkan dengan varian konvensional.
 
"Kami berharap, selain melengkapi line-up Toyota, kehadiran varian sport utility vehicle (SUV) Toyota ini berdampak positif terhadap pengembangan pasar, dan industri kendaraan listrik di sektor otomotif nasional seperti yang direncanakan pemerintah," kata President Director PT TAM, Yoshihiro Nakata, di acara peluncuran Jakarta, Senin (22/4).

Seperti diberitakan Carsccops, Honda juga sudah mempersiapkan model terbarun CR-V Hybrid 2019. Berdasarkan data yang dirilis NEDC cycle, SUV model penggerak roda depan bertenaga listrik-bensin itu menawarkan ekonomi bahan bakar rata-rata 5,3 l / 100 km (53,3 mpg Inggris / 44,4 mpg AS), dan memancarkan 120 g / km CO2. Sementara versi penggerak semua roda (all-wheel drive) menawarkan ekonomi bahan bakar 5.5 l / 100 km (51.4 mpg UK / 42.8 mpg US) dan emisi CO2 126 g / km.

Baca juga: IKM di Klaten Pasok Kebutuhan Produksi Mobil Toyota

Disebutkan, kedua versi Honda CR-V Hybrid 2019 bakal ditenagai oleh mesin 2.0-liter i-VTEC Atkinson-cycle dan dua motor listrik. Powertrain hibrida dikawinkan dengan rasio gigi tetap tunggal dan didukung oleh baterai lithium-ion, dengan output gabungan 184 PS (181 hp / 135 kW) dan 315 Nm (232 lb-ft) torsi. Fitur lain ada tiga mode mengemudi, yakni EV Drive, Hybrid Drive dan Engine Drive.

Honda CR-V 2019 bakal tersedia dengan mesin i-VTEC 1.5 liter, VTEC turbo 1.5 liter dan diesel i-DTEC 1.6 liter.
 
Meski belum mengaspal di pasar otomotif nasional, Honda CR-V Hybrid 2019 layak disandingkan sebagai kompetitor All New Toyota C-HR Hybrid 2019. Menilik soal harga, All New Toyota C-HR Hybrid dibanderol Rp523 juta on the road (OTR) Jakarta. Harga ini 30 juta lebih mahal, dibandingkan model konvensional berbahan bakar bensin. (Medcom/OL-7)

BERITA TERKAIT