Hari Pertama UN & SMP Sederajat Berjalan Lancar


Penulis: Syarief Oebaidillah - 22 April 2019, 15:45 WIB
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
 ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
UN SMP

HARI pertama pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD dan Ujian Nasional (UN) jenjang SMP sederajat pada Senin (22/4) berlangsung serentak di seluruh Tanah Air.

Guna memastikan kelancaran pelaksanaan ujian tersebut, Mendikbud Muhadjir Effendy memantau langsung USBN di SD Muhammadiyah 5 dan SDN Kramat Pela Jakarta, serta meninjau UN di SMPN 19 dan SMPN 11 Jakarta, pada Senin ( 22/4). Secara umum USBN dan UN dinilai berjalan lancar.

“Secara umum semuanya berjalan bagus, sudah sesuai standar yang ditetapkan. Untuk UN dimulai dari prosesnya tentang soal diproses sampai ke tangan siswa, kemudian sistem pengawasannya ditukar antar sekolah, jumlah peserta juga teratur. Saya senang karena dua SMP yang saya kunjungi ini cuma satu shift, artinya fasilitas untuk sarana UN Berbasis Komputer atau UNBK sudah terpenuhi, sehingga tidak perlu ada giliran,”kata Muhadjir.

Baca juga: 56 SMP di Kupang Siap Gelar Ujian Nasional

Menurut Muhadjir pelaksanaan USBN SD dan UN SMP berlangsung berbarengan dan serentak untuk menyesuaikan dengan jadwal kegiatan nasional yang berlangsung seperti Pilpres dan Pileg 2019 serta memasuki bulan Ramadan. “Jadi ini terlaksana berbarengan guna menyesuaikan kegiatan nasional yang tengah berlanngsung di negara kita,“ cetusnya.

Dikatakannya, pelaksanaan UNBK SMP Sederajat sesuai prosedur operasional standar (POS) penyelenggaraan UN. Muhadjir menambahkan, peningkatan sarana prasarana yakni komputer dan jaringan internet terus diupayakan ditingkatkan. Muhadjir menargetkan pada 2020, pelaksanaan UNBK SMP sederajat dapat terlaksana 100%. (OL-7)

BERITA TERKAIT