Janji Sandi, 200 Hari Pertama Menjabat akan Evaluasi JKN


Penulis: Putri Anisa Yuliani - 17 March 2019, 21:10 WIB
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Dalam debat calon wakil presiden yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta Pusat Minggu (17/3), cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji mengevaluasi program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diwujudkan dalam bentuk BPJS Kesehatan.

Evaluasi itu diakui Sandi akan menjadi prioritas yang dijalankan pada 200 hari pertama menjabat sebagai cawapres.

"200 hari pertama menjabat, saya akan mencari apa akar permasalahan pengelolaan BPJS Kesehatan selama ini. Jangan sampai antrean pasien mengekor, obat tidak tersedia," ujarnya dalam debat bertema kesehatan dan pendidikan tersebut.

Baca juga: Visi Misi Sandiaga Uno

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga berjanji menjamin kesejahteraan tenaga medis dengan menerapkan aturan ketat agar pemberian upah tenaga medis dapat dilakukan tepat waktu oleh manajemen fasilitas kesehatan.

"Jangan sampai pelayanan kesehatan turun karena tenaga medis belum mendapat upah yang laik dan tepat waktu," tegasnya.

Selain itu, Sandi mengaku akan meneruskan program JKN. Karena menurutnya prgram tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan sudah terbukti efektif membantu kebutuhan masyarakat untuk mendapat akses terhadap fasilitas kesehatan. Namun, ia menegaskan butuh banyak perbaikan agar pengimplementasian JKN semakin sempurna. (OL-7)

BERITA TERKAIT