Pelindo I Lanjutkan Pengembangan Pelabuhan Terbesar Se-Sumatra


Penulis: Januari Hutabarat - 17 March 2019, 17:00 WIB
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/
 ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/

PT Pelindo I (persero) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp289,1 miliar untuk melanjutkan pengembangan Pelabuhan Sibolga, Sumatra Utara. Pelabuhan terbesar se-Sumatra itu telah diresmikan Presiden Joko Widodo Minggu (17/3).

Proyek fisik pengembangan Pelabuhan Sibolga rampung pada akhir 2018 lalu. General Manager (GM) PT Pelindo I Cabang Sibolga Agust Deritanto mengatakan selanjutnya akan dibangun sejumlah fasilitas untuk mendukung kelancaran jasa kepelabuhan.

"Tahap awal akan dibangun terminal penumpang, penambahan panjang dermaga ferry, pengerukan laut, serta fasilitas lain," ujarnya.

Terminal Pelabuhan Sibolga dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi. Terminal tersebut tidak jauh beda dengan bandara yang dilengkapi ruang tunggu, ruang VIP, ruang menyusui, ruang panel, ruang perkantoran untuk syahbandar, imigrasi, kesehatan, karantina, dan ruang loket. Penumpang akan melewati tangga belalai (Garbarata) atau jembatan layang yang menghubungkan ruang tunggu penumpang ke dermaga pelabuhan.

Baca juga: Desain Pelabuhan Sibolga Terbaik se-Asia Pasifik

Turut hadir dalam peresmian oleh Presiden Jokowi, Ibu Negara Iriana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Walikota Sibolga, dan tokoh Sibolga Akbar Tanjung, serta jajaran PT Pelindo.

Jokowi menyambut baik adanya penataan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga. Pengembangan fasilitas diharapkan bisa mengakomodasi peningkatan jalur logistik barang dan jasa. "Kapasitas kontainer yard-nya sekarang mencapai 20 ribu per tahun hal tersebut mengalami peningkatan yang drastis," ujar Jokowi.

Sebelumnya pelabuhan tersebut hanya mampu menampung 2 ribu GT, tapi sekarang sudah bisa sampai ke 6 ribu GT. Artinya, kata Jokowi, kapal besar sudah bisa bersandar di pelabuhan.

Peresmian Pelabuhan Sibolga menandakan infrastruktur sudah rampung. saatnya bekerja untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Sibolga dan sekitarnya. (A-2)

 

BERITA TERKAIT