Liga Berjenjang Pakai VAR, Menpora: Wasit Sangat Terbantu


Penulis: Micom - 17 March 2019, 16:20 WIB
Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga
 Dok. Kementerian Pemuda dan Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi secara resmi membuka Liga Sepak Bola Berjenjang di Lapangan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/3). Menpora senang Liga Berjenjang inisiasi Kemenpora itu dalam pelaksanaanya menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).
 
Tendangan penalti dari Imam mengawali kompetisi kelompok usia U-12, U-14, U-16, Liga Mahasiswa U-21, dan U-17 tersebut. Yang menarik, penyelenggaraan Piala Menpora 2019 kali ini menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR).
 
“Saya bersyukur hari ini bisa datang ke UPI, Bandung, mengikuti pembukaan Liga Sepak bola Berjenjang. Ada yang menarik dalam momentum ini, pertama kalinya Liga Berjenjang dibantu oleh teknologi VAR,” kata Imam dalam sambutannya.
 
Menurutnya, VAR sangat membantu kinerja wasit dalam memimpin pertandingan. Segala insiden yang terjadi didalam lapangan dapat terekam dengan baik.

Baca juga: Liga Sepak Bola Berjenjang Diharap Lahirkan Bintang Masa Depan

“Pasti VAR membantu wasit, pelatih, pemain maupun suporter. Wasit lebih mudah untuk mengambil keputusan. Penggunaan VAR disini terinspirasi oleh sahabat saya dari Bandung Premier League. Ketika ada VAR, wasit bisa terlihat lega untuk ambil keputusan, suporter tidak bentrok, keputusan wasit jelas fair. Jika ada protes, VAR sangat membantu,” jelas Imam.
 
Lebih lanjut, dalam kompetisi itu, Imam berharap akan ada lahir pesepak bola hebat yang nantinya bisa membela Timnas Indonesia.“Kita harap Liga Berjenjang banyak melahirkan atlet sepak bola dikemudian hari. Kita terus mendukung untuk kemajuan sepak bola,” jelas dia. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT