Sore Ini, Moderator Terima Pertanyaan Debat Ketiga


Penulis: Insi Nantika Jelita - 17 March 2019, 13:20 WIB
ANTARA FOTO/Agus Setiawan
 ANTARA FOTO/Agus Setiawan

KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menuturkan persiapan debat ketiga sudah 99%. Termasuk soal pemberian pertanyaan dari panelis kepada moderator. Menurutnya, baru sore ini, moderator akan menerima pertanyaannya.

"Tadi mau diserahkan jam 2 siang. Tapi saya bilang nanti saja jam 4. Jadi akan diserahkan jam 4, kalau siang ini dikira KPU yang macam-macam. Kemudian, persiapan sudah 99%. Tinggal finishing saja. Mudah-mudahan semua pihak hadir tepat waktu, bisa ikuti semua prosedur," ungkapnya di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).

Lebih lanjut, Arief mengatakan masing-masing panelis telah menyiapkan lima pertanyaan per tema.

"Tapi tidak ditanyakan semua hanya satu yang ditanyakan," terangnya.

Baca juga: Jelang Debat, Ulama se-Indonesia Doakan Ma'ruf Amin

Pertanyaan akan dibuat sama yang nantinya akan dijawab oleh kedua calon wakil presiden, Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Adapun format tersebut didasari usulan kedua timses.

"Ini masukan dari BPN dan TKN. Sangat memungkinkan bahwa pola ini digunakan. Kalau dilihat debat sebelumnya kan masing-masing kandidat dikasih pertanyaan beda. Kalau sekarang diberi pertanyaan yang sama jadi saling menanggapi juga nantinya," tutur Arief.

Debat ketiga antarcawapres ini, menurut Arief, publik harus melihat kedalaman visi misi program yang ditawarkan oleh mereka.

"Jadi bukan soal capres atau cawapres saja. Keduanya tidak bisa berangkat sendiri-sendiri. Satu paket," ucapnya.

Ia berharap setiap sesi debat bisa memberikan sesuatu yang lebih menarik, lebih konkret, dan memenuhi harapan masyarakat. Debat ketiga yang akan disiarkan pukul 20.00 wib.

"Debat ini metode kampanye. Sebelum pemilih gunakan hak pilihnya sebaiknya bisa ikuti perjalanan kegiatan kampanye dengan baik, salah satunya debat. Dengan begitu anda semua punya referensi," tandasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT