Solksjaer Kecewa Tersingkir di Piala FA


Penulis: Cahya Mulyana - 17 March 2019, 15:00 WIB
Lindsey PARNABY/AFP
 Lindsey PARNABY/AFP

MANCHESTER United takluk di kandang Wolverhampton Wanderers 1-2 pada perempatfinal Piala FA. Hasil tersebut membuat caretaker United Ole Gunnar Solskjaer kecewa terhadap kinerja pasukannya karena harapan mendapat piala pada musim ini tinggal tersisa di Liga Champions.

Laga yang digelar Sabtu (16/3) ini juga menambah kekalahan setelah pertandingan ke-30 di Liga Inggris kalah dari Arsenal. Solskjaer menyebut kondisi tersebut merupakan hal terburuk selama menjabat sebagai caretaker menggantikan Jose Mourinho.

"Kami sudah menjalankan yang bagus dan sekarang kami memiliki dua kekalahan. Melawan Arsenal kami tidak bisa mencetak gol dan hari ini buruk, yang termiskin yang pernah kami mainkan," katanya dilansir dari Agence France Presse, Minggu (17/3).

Menurut dia, kesempatannya sebagai pelatih sementara, karena belum dipermanenkan oleh manajemen MU, dituntut memberikan prestasi yang lama tak mampir di Old Trafford. Salah satunya piala kompetisi tertua, Piala FA, namun harus kandas di kandang Wolverhampton.

Padahal, lanjut dia, MU memiliki sejarah baik di ajang tersebut. Raihan 11 trofi Piala FA seharusnya manjadi modal besar seluruh pemain dan yang terlibat di dalamnya untuk melaju sampai menjadi juara. Tapi itu tidak terlihat di laga perempatfinal sekaligus kesempatan terakhir United di Piala FA musim ini.

Baca juga: Beckham Sebut Fans MU Ingin Solskjaer Permanen

Dengan begitu, United hanya menyisakan satu kesempatan mendapatkan trofi yakni di ajang Liga Champions. Pasalnya Piala Liga Inggris sudah selesai dan tak memberikan trofi, Liga Inggris juga kesempatannya sangat kecil atau hampir tidak mungkin menjuarainya, terakhir tersingkir dari babak 8 besar Piala FA.

Ia berharap anak-anak asuhnya menyadari kesempatan yang tersisa, sehingga menjadi pelecut semangat dan tak menyiakannya.

"Saya di sini sampai musim panas, kami punya banyak hal untuk dimainkan di liga dan Liga Champions," pungkasnya.

Wolves yang bermain di kandang sendiri dan mampu menekan pertahanan tim tamu sejak laga dimulai. Namun selama 45 menit pertama tak ada gol yang mampu disarangkan pasukan Espirito Santo maupun Marcus Rasford dan kolega.

Babak kedua, tuan rumah semakin gencar membangun serangan melalui sayap maupun ruang tengah. Sejumlah peluang pun muncul sehingga lini belakang United sempat kewalahan dalam membentengi gawang yang dijaga Sergio Romero.

Berkat dukungan suporter yang memenuhi stadion dan kepercayaan diri sebagai tuan rumah, Wolverhampton mampu melangkahkan satu kaki ke babak semifinal berkat gol pada menit 70 lewat tendangan yang membentur tanah dan mengecoh Romero. Gol itu berasal dari umpan Joao Moutinho yang merangsek masuk kotak penalti lewat sisi kanan kemudian mengumpan kepada Jimenez yang telah diapit 3 pemain bertahan tim tamu.

Sempat kesulitan mencari ruang tembak akibat pengawalan yang ketat, Jimenez akhirnya mampu melesatkan bola yang memantul ke tanah namun mengecoh Romero. Bola pun meluncur tanpa hambatan ke sisi kanan jala Setan Merah sehingga seisi stadion bersorak menyambut potensi besar lolos ke semifinal.

Langkah kaki Wolverhampton semakin kuat melaju di Piala FA sekaligus menghancurkan mental Rashford dan kawan-kawan setelah gol kedua tercipta pada menit 76. Romero kembali memungut bola dari dalam jala yang dijaganya akibat sepakan Jota yang mampu memaksimalkan serangan balik.

United harus pulang dengan kepala tertunduk karena mimpi menjadi juara Piala FA harus terkubur di kandang Wolves. Pasalnya gol tunggal United di menit akhir tak mampu mengubah peruntungan karena tiket semifinal sudah pasti menjadi milik Moutinho dan kawan-kawan.

Pada laga lain, Manchester City berhasil mendapatkan tiket babak 4 besar berkat gol kontroversi Sergio Aguero jelang pertandingan usai. The Citizen membukukan 3 gol yang seluruhnya terjadi di babak kedua, Swansea City yang bertindak sebagai tuan rumah hanya bisa menyarangkan 2 gol yang seluruhnya tercipta pada paruh pertama. Maka Manchester City dan Wolverhampton berhasil melanjutkan perjalanannya di kompetisi ini.(OL-5)

BERITA TERKAIT