22 February 2019, 19:31 WIB

Florida Jadi Lokasi Peluncuran Roket Israel ke Bulan


Denny Parsaulian Sinaga | Internasional

HO / SPACEX / AFP
 HO / SPACEX / AFP

SEBUAH roket tak berawak lepas landas dari Cape Canaveral di Florida, Miami, Amerika Serikat (AS), pada Kamis (21/2). Roket tersebut membawa pesawat ruang angkasa Israel, Beresheet yang membawa misi untuk membuat mengulangi sejarah puluhan tahun silam, yakni mendaratnya pesawat buatan manusia di Bulan.

Beresheet, yang berbobot 585 kg, lepas landas di atas roket Falcon 9 dari perusahaan swasta SpaceX yang berbasis di AS, milik pengusaha Elon Musk.

Kepergian Baresheet dipantau secara langsung dari Israel oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Dia menyaksikan bersama para insinyur dari pusat kendali Israel Aerospace Industries (IAI).

Baca juga: Hippocamp Bulan Ke-14 Neptunus

Pesawat Israel ditempatkan di orbit Bumi. Dari sana dia akan menggunakan mesinnya sendiri untuk melakukan perjalanan tujuh pekan untuk mencapai Bulan dan dijadwalkan mendarat pada 11 April di dataran besar.

Roket itu juga membawa satelit milik Indonesia dan satelit Laboratorium Penelitian Angkatan Udara AS.  "Ini adalah sejarah dalam pembuatan dan ini disaksikan langsung! Israel menuju #bulan dan Anda semua diundang untuk menonton," kata SpaceIL, organisasi nirlaba yang merancang pesawat Israel, melalui media sosial. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT