14 February 2019, 17:14 WIB

Mudah Berinvestasi Reksa Dana Lewat Moduit


Ghani Nurcahyadi | Ekonomi

Dok. Moduit
 Dok. Moduit

KESADARAN masyarakat Indonesia untuk berinvestasi kini semakin meningkat. Meski demikian, masih ada sejumlah keterbatasan sumber daya yang dialami masyarakat untuk mendapatkan produk investasi terbaik.

Founder dan CEO PT. Moduit Digital Indonesia Jeffry Lomanto mengatakan, salah satu keterbatasan tersebut ialah soal akses terhadap produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan nasabah.

Jeffry yang belasan tahun berkiprah di bagian wealth management pun mengakui, produk investasi sulit diakses karena agen penjual masih banyak yang mengandalkan transaksi tatap muka (offline).

"Mayoritas agen penjual reksa dana atau OJK (Otoritas Jasa keuangan) menyebutnya dengan APERD, masih berbasis offline, jadi transaksi masih harus tatap muka dan operasional berlangsung manual," katanya.

Untuk membuka investasi reksa dana pun, menurutnya masih membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 43 menit hanya untuk aplikasi dan pembukaan akun, belum termasuk waktu untuk bertanya kepada tenaga pemasar.

Melihat fakta tersebut, Jeffry bersama Moduit pun bertekad untuk memberikan solusi investasi reksa dana bagi masyarakat dengan meluncurkan platform Moduit.

Baca juga : Kinerja masih akan Bertumbuh, Reksa Dana Saham Prospektif

Lewat platform yang dikembangkan sejak Januari 2018 dan sudah masuk versi beta sejak Oktober 2018 itu, masyarakat akan lebih dimudahkan dalam mendapatkan produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan.

"Untuk Moduit, turnaround time kita di bawah 15 menit sudah bisa memiliki akun untuk berinvestasi produk reksa dana. Sejak versi beta diluncurkan pada Oktober lalu, kepuasan pengguna mencapai sekitar 80%," ujar Jeffry.

Nasabah yang ingin berinvestasi lewat Moduit nantinya bukan lagi disodorkan produk investasi saja ketika membuka situs atau aplikasi Moduit. Tapi lebih dulu akan dipandu dengan pertanyaan yang mengarah pada tujuan investasi.

Setelah itu, calon nasabah akan ditunjukkan pilihan produk yang sesuai dengan profil diri dan tujuan investasi yang sebelumnya sudah ditanyakan. Bukan hanya itu, setelah berinvestasi pun, nasabah akan lebih mudah dalam melakukan monitoring investasi yang dilakukan lewat fitur yang ada di platform tersbeut.

Jeffry memastikan, produk investasi yang ada di Moduit merupakan produk terbaik karena Manajer Investasi serta produk yang ditawarkan sudah menjalani peninjauan (screening) sebelum bisa bergabung dengan Moduit.

"Disamping itu user experience kita bangun sedemikian rupa agar orang pakai pun jadi lebih mudah. Kita habis-habisan dalam hal user experience itu, makanya kepuasan bisa mencapai 80%," tukas Jeffry.

Moduit rencananya akan diluncurkan secara resmi pada Maret mendatang. Jeffry tidak menyebutkan target spesifik yang ingin diraih Moduit. Saat ini, Moduit juga masih terus menjalin kerja sama dengan sejumlah Manajer Investasi agar makin banyak produk berkualitas ada di platform tersebut.

"Target kita saat ini bicara kualitatif saja, bagaimana fitur bisa diterima pengguna dan bagaimana kefasihan mereka. Kalau sudah fasih dengan fitur yang ada, kita akan kembangkan fitur lain yang memudahkan pengguna," tandasnya. (RO/OL-8)

BERITA TERKAIT