Sebagian Ruas Tol Balikpapan-Samarinda Rampung Maret-April


Penulis: Andhika Prasetyo - 12 February 2019, 10:00 WIB
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaporkan progres pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda hingga saat ini telah mencapai 85,7%.

Jalan bebas hambatan pertama di Kalimantan itu akan terdiri dari lima seksi.

Seksi I Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 kilometer (km) saat ini sudah hampir selesai. Proses konstruksi sudah 97% dan ditargetkan rampung pada April.

Seksi II Samboja-Muara Jawa dengan panjang 30,98 km dan Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 km juga sudah masuk ke dalam tahap pengerjaan akhir. Keduanya diproyeksikan rampung lebih cepat yakni Maret mendatang.

Sementara, Seksi IV Palaran-Samarinda sepanjang 17,95 km dan Seksi V Balikpapan-Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 km diperkirakan baru akan selesai terakhir yakni pada Agustus lantaran hingga kini progres pembangunan kedua ruas itu belum melampaui 75%.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PU-Pera Endra Atmawidjaja mengungkapkan, jika telah beroperasi, Tol dengan total panjang 99,35 km itu akan memangkas waktu tempuh dari Balikpapan ke Samarinda yang semula butuh waktu hingga 3 jam menjadi hanya 1 jam.

"Efisiensi waktu itu diharapkan dapat meningkatkan produktivitas masyarakat setempat. Jalan tol ini akan mengurangi biaya logistik sehingga mampu mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas dan pertanian," ujar Endra melalui keterangan resmi, Selasa (12/2).

 

Baca juga: Jasa Marga Masih Kaji Tarif Definitif Tol Trans Jawa

 

Pembangunan proyek tol Balikpapan-Samarinda dikerjakan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pemerintah melalui Kementerian PU-Pera membangun Seksi I dan V. Adapun, PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda selaku Badan Usaha Jalan Tol mengerjakan Seksi II, III dan IV.

Total investasi pembangunan seluruh ruas ditaksir mencapai Rp9,9 triliun. (OL-3)

BERITA TERKAIT