12 February 2019, 08:30 WIB

Santri Ikut Kiai dan Pilih Jokowi-Amin


MI | Politik dan Hukum

Dok. TKN
 Dok. TKN

DUKUNGAN untuk capres dan cawapres 01 Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin terus berdatangan.

Seperti air sungai, dukungan sejumlah organisasi, paguyuban, ormas, ataupun personal datang mengalir secara sukarela.

Langkah Ma’ruf Amin membuka ‘Rumah Jamaah’ di kediamannya di Jalan Situbondo 12, Menteng, Jakarta Pusat, untuk kegiatan kajian keagamaan dan tausiah kebangsaan memudahkan setiap lapisan masyarakat datang bersilaturahim.

Di Rumah Jamaah itu, Forum Komunikasi Masyarakat An-Nahdliyyin (FKMA) yang berasal dari PMII, Ansor, Banser, Pagar Nusa, IPNU, ISNU, dan Sarbamusi ikut menggelar salat Subuh berjemaah, zikir, tahlil, istigasah, dan mende-ngarkan tausiah.

“Kami santri mengaji dan santri mengabdi, murid KH Ma’ruf Amin. Berdarah Nah­dlatul Ulama. Santri ikut kiai dan pasti pilih kiai. Kami akan memenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin,” kata Ahmad Kamil, Ketua FKMA, seusai acara, kemarin.

FKMA bisa juga sebagai singkat-an dari Front Kemenangan Ma’ruf Amin. Paguyuban itu memang sudah berikrar jiwa dan raga untuk Kiai Ma’ruf Amin yang mereka cintai.

“Setelah kami melakukan istikarah, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin adalah yang terbaik untuk bangsa ini. Sinergi umara dan ulama, Indonesia pasti akan maju,” kata Muzakki bin KH Ubaidillah Isa, juru bicara FKMA.

Gerakan dukungan terhadap pasangan Jokowi-Amin juga mengalir di berbagai daerah di Priangan Timur. Khusus di Tasikmalaya, pasangan tersebut ditargetkan bisa menang hingga 60%.

“Gerakan dukungan kepada pasangan calon Jokowi-Amin telah banyak mengalir dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Garut, Banjar, Pangandaran, dan Tasikmalaya,” kata Ketua DPC PDIP Tasikmalaya, Ade Sugianto.

Di sisi lain, pimpinan Kiat Motor Klaten, Sukiyat, mendirikan Posko Kiat Sukses Klaten. KSK menargetkan 80% kemenangan buat Jokowi di Klaten. (AD/JS/P-3)

BERITA TERKAIT