11 February 2019, 06:30 WIB

Senior Prabowo di TNI malah Dukung Jokowi


MI | Politik dan Hukum

MI/PIUS ERLANGGA
 MI/PIUS ERLANGGA

DEKLARASI dukungan purnawirawan TNI-Polri terhadap pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf Amin akan menjadi pukulan telak bagi kubu Prabowo Subianto.

Dalam tradisi militer, seorang senior berperan sebagai abang, kakak asuh, sekaligus pelatih bagi adik angkatannya sehingga seorang senior pasti sangat mengenal juniornya.

“Itu dukungan yang saya kira sangat menyesakkan dada kubu Pak Prabowo. Ini seniornya saja tidak percaya kepada Prabowo dan justru mendukung Jokowi yang sipil,” ujar pengamat intelijen dan militer ­Ridlwan Habib di Jakarta, kemarin.

Menurut Ridlwan, para senior TNI tentu sangat tahu kualitas Prabowo sebagai junior mereka. “Banyak yang mendukung Pak Jokowi adalah jenderal yang dulu pernah menjadi atasan Prabowo. Jadi, mereka tahu benar kemampuannya,” tambahnya.

Dalam acara deklarasi di JI Expo Jakarta, kemarin, tampak hadir bebera-pa senior Prabowo, di antaranya Jenderal (Purn) Wismoyo ­Arismunandar, Jenderal (Purn) Subagyo HS, Jenderal (Purn) Fahrur Rozi, dan Jenderal (Purn) Agum Gumelar. Hadir juga Mayjen (Purn) Muchdi Pr yang menggantikan Prabowo sebagai Danjen Kopassus pada 1998.

“Kami purnawirawan TNI-Polri menyatakan bahwa dalam semangat dan optimisme kerja nyata, kami dengan bulat mendukung Bapak Jokowi dan Bapak Ma’ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden melanjutkan pembangunan sesuai Nawacita kedua,” ujar Laksamana TNI (Purn) Arief Koeshariadi saat membacakan deklarasi.

Seusai deklarasi itu, Jokowi menegaskan menjamin netralitas TNI-Polri di Pemilu 2019. Dia menekankan agar masyarakat harus bisa membedakan antara purnawirawan dan para anggota TNI dan Polri yang masih aktif bertugas.

“Yang namanya TNI dan Polri itu harus netral, tapi yang hadir di sini ialah para purnawirawan TNI-Polri. Tolong dibedakan.”

Jokowi juga menegaskan bahwa para purnawirawan TNI-Polri tidak akan memengaruhi netralitas anggota lainnya yang masih aktif.

Sebelum ke JI Expo, Jokowi juga menghadiri acara deklarasi dukungan gabungan alumni dari berbagai SMA di Jakarta. Bagi Jokowi, dukungan dari berbagai kalangan itu memberikan semangat besar dalam menghadapi Pilpres 2019. (Pol/Faj/Ths/X-10)

BERITA TERKAIT