18 January 2019, 19:12 WIB

Ma'ruf Amin: Dampingi Jokowi, Saya Bersedia jadi Alat untuk Kebaikan


MICOM | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani

CALON Wakil Presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin membantah isu yang menyebut dirinya dijadikan sebagai 'alat politik' dengan maju mendampingi calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi).

Amin menyinggung isu yang beredar di media sosial, bahwa dirinya hanya diperalat oleh Jokowi. Isu yang beredar, Jokowi sengaja memilih pendamping yang sudah tua agar bisa diperalat.

Menurut Amin, isu itu terlalu meremehkan kapasitasnya sebagai orang yang pernah mengisi posisi sebagai Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Ada yang bilang, 'Ma'ruf jadi alat pak Jokowi'. Saya bilang, masa saya Rais Aam PBNU, Ketua MUI, jadi alat. Itu terlalu meremehkan," ujar Amin di Pondok Pesantren (Ponpes) Nur Antika, Tigaraksa, Tangerang, Banten, Jumat (18/1).

Baca juga: Jokowi Puas dengan Debat Pertama

Amin tak mempermasalahkan, jika istilah 'alat' yang disematkan kepadanya itu untuk membangun kemaslahatan, kemanfaatan, menghilangkan sesuatu yang bahaya dan merusak.

"Saya bersedia menjadi alat untuk kebaikan. Jadi saya minta semua warga NU jangan terprovokasi oleh isu-isu yang tidak benar," ucap Amin.

Amin meminta agar masyarakat Banten tak mudah percaya dengan berita-berita yang beredar di media sosial. Ia mengimbau agar berita yang tersebar dikroscek dulu kebenarannya. "Karena yang membuat dan menyebarkan hoaks dosanya sama," tutur Amin.

Usai debat perdana, Amin menyambangi Ponpes Nur Antika, Tigaraksa, Tangerang, Banten. Amin didampingi oleh sang istri, Wury Estu Handayani. Abah, sapaan akrab Ma'ruf Amin, tiba di Ponpes sekira pukul 15.15 WIB. Ia disambut oleh seribuan masyarakat Tigaraksa dan para Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangerang.

Amin yang mengenakan jas abu-abu dalaman koko putih, dan terusan sarung abu-abu, diterima oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tangerang Encep Subandi. Di Ponpes Nur Antika digelar istigasah dan ngaji bersama. Penyanyi religi, Veve Zulfikar pun menyejukkan suasana dengan bersholawat.

Baca juga: Usai Debat, Ma'ruf Amin Tancap Gas Pemenangan ke Kabupaten Tangerang

Dalam kesempatan ini, Encep Supandi mendoakan Amin agar mendapatkan rida dari Allah SWT. Acara pun dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars yaa lal wathon. "Semoga perjalanan beliau mendapatkan rida tanpa hambatan apapun. Kita bantu doa dan sukseskan nanti. NU akan sepakat dengan hal ini," ujar Ecep.

Dia juga mengatakan, warga Kabupaten Tangerang mendoakan Ma'ruf Amin agar selalu sehat dan bisa memimpin Indonesia pada periode 2019-2024. "Dengan ridha Allah SWT, semoga Kiai selalu sehat selalu tanpa ada hambatan," pungkasnya. (RO/OL-6)

 

BERITA TERKAIT