Edukasi Segmen Anak Muda, BI Malang Resmikan 4 BI Corner


Penulis: Bagus Suryo - 14 January 2019, 21:18 WIB
MI/Bagus Suryo
 MI/Bagus Suryo

BANK Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Malang, Jawa Timur, meresmikan 4 BI Corner untuk menggaet lebih banyak mahasiswa dan siswa sekaligus memperluas Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) disegmen anak muda.

Hal itu untuk memberikan pemahaman lebih luas kepada masyarakat tentang keberadaan dan peran BI dalam perekonomian.

Keempat BI Corner baru tersebut di Universitas Brawijaya, SMAN 1 Lawang, SMAN 1 Probolinggo, dan SMAN 1 Kota Batu. Setelah peresmian itu, sekarang sudah ada 10 BI Corner di wilayah kerja BI setempat.

Sebelumnya BI Corner juga ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Perpusda Kabupaten Probolinggo, Perpusda Kota Malang, Universitas Islam Malang, Politeknik Negeri Malang, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

"Kegiatan edukasi masyarakat sejalan dengan salah satu misi dari PSBI untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan masyarakat sebagai wujud dedikasi untuk negeri," tegas Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng kepada wartawan di Malang, Senin (14/1).

BI Corner dan pemberian bantuan pendidikan, lanjutnya, merupakan upaya untuk memperkuat pemahaman masyarakat sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan.

Wujudnya melalui penyediaan koleksi buku berkualitas melalui lembaga-lembaga pendidikan dan perpustakaan daerah. Semua itu merupakan upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca.

"BI Corner dapat dimanfaatkan sebagai perpanjangan tangan dari layanan perpustakaan yang dimiliki oleh setiap Kantor Perwakilan BI di seluruh Indonesia," ujarnya.

Gerai edukasi untuk mendekatkan sumber informasi yang dimiliki BI kepada masyarakat tersebut sengaja didesain kreatif dan memiliki fasilitas memadai. Bahkan dilengkapi koleksi pustaka berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri.

Di tempat itu, siswa dan mahasiswa bisa berkegiatan sekaligus menarik minat masyarakat untuk berkunjung. Berbagai kegiatan pembelajaran bisa rutin dilakukan melalui diskusi, bedah buku, dan kegiatan edukatif lainnya.

Saat ini, lanjutnya, telah dibangun 721 BI Corner dan 183 Pojok Baca dan Dongeng untuk PAUD di seluruh Indonesia.

Ia berharap jumlah BI Corner bisa mencapai 1.000 di seluruh level pendidikan dan fasilitas publik strategis hingga tahun 2020.

"Kehadiran BI Corner selama ini sudah terbukti memberikan dampak positif terhadap kebijakan pengelolaan perpustakaan dan berkontribusi dalam mendukung peningkatan akreditasi dari perguruan tinggi dan sekolah penerima manfaat," tuturnya.(OL-8)

BERITA TERKAIT