Bertolak Ke Kamboja Wapres Hadiri ACC Summit


Penulis: Dero Iqbal Mahendra - 14 January 2019, 21:10 WIB
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
 ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

WAKIL Presiden (Wapres) Jusuf Kalla setelah rapat terbatas dengan Presiden bertolak ke Kamboja, Senin sore (14/1).

Menggunakan pesawat RJ Bae 85, Wapres beserta Ibu Mufidah Jusuf Kalla tinggal landas menuju Bandar Udara Internasional Siem Reap, Kamboja dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta pada pukul 18.00 WIB, dan diperkirakan tiba pukul 21.05 WS setelah menempuh penerbangan kurang lebih 3 jam 05 menit.

Dalam lawatan ke Kamboja pada 14 hingga 16 Januari ini, Wapres akan memberikan sambutan tentang Honorary Co-Founder and Wiseman of ACC di Elephant Terrace, Angkor Park pada esok malam.

Selain itu, Wapres juga akan mengikuti kegiatan The Official Launching Ceremony and Gala Dinner di Elephant Terrace, Angkor Park, melakukan pertemuan bilateral dengan PM Kamboja dan perkenalan Delegasi Indonesia, serta menyerahkan lukisan kepada PM Kamboja di Ruang Yihub, Sokha Siem Reap Convention Center.

Di sisi lain, Tari Peulia Jamee dan Ratoeh Jaroe (Saman) dari Aceh akan menyemarakkan acara Gala Dinner ACC yang dikemas dalam pertunjukan budaya 6 negara.

Kehadiran Wapres pada ACC Summit ini atas undangan resmi dari PM Kamboja, selaku Honorary Founding Chairman ACC, di mana Wapres juga akan dinobatkan sebagai Asian Cultural Wiseman, karena pengetahuan, reputasi, dan kiprahnya dalam dunia internasional.

Asian Cultural Council (ACC) dibentuk di bawah kerangka kerja Konferensi Internasional Partai-Partai Politik Asia (International Conference of Asian Political Parties), dengan Kerajaan Kamboja saat ini terpilih sebagai Ketua serta China, Nepal, dan Rusia sebagai wakilnya.

Turut mendampingi Wapres dalam rombongan pesawat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Staf Khusus Wapres Bidang Umum Alwi Hamu. Sementara Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir telah lebih dahulu berada di Kamboja. (OL-4)

BERITA TERKAIT