Bank Mandiri Tingkatkan Penjualan E-money


Penulis:  (Try/E-3) - 15 January 2019, 01:15 WIB
MI/Susanto
 MI/Susanto

PT Bank Mandiri (persero) Tbk memperluas jaringan produk uang elektronik (e-money) dengan membidik pasar yang dijangkau perusahaan perbelanjaan daring (e-commerce) Shopee. Perseroan membuat gerai resmi Mandiri pada situs Shopee yang menjual e-money Bank Mandiri.

“Kami percaya kerja sama ini makin mempermudah masyarakat yang ingin memiliki e-money Mandiri atau bahkan mengoleksi berbagai edisi e-money,” kata Wakil Presiden Senior Bidang Konsumer dan Transaksi Bank Mandiri Jasmin seusai penandatanganan kerja sama di Jakarta, Senin (14/1).

Di sisi lain, kata Jasmin, Mandiri ingin memanfaatkan pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce. Pada akhir 2018, transaksi e-commerce melalui Bank Mandiri mencapa­i Rp24 triliun, atau naik 400% jika dibandingkan dengan 2017.

“Tahun ini, kami menargetkan kenaikan 30% pada transaksi e-money. Bank Mandiri akan menambah 5 juta keping kartu. Melalui kerja sama dengan Shopee ini, kami menargetkan e-money bisa terjual 10 ribu keping tiap bulannya.”

Jasmin pun menjamin keasli­an dan keamanan uang elektro­nik meski dijual secara da­ring (online). Uang elektronik itu dapat langsung digunakan untuk berbagai transaksi harian, seperti pembayaran tarif tol, tarif parkir, Trans-Jakarta, sampai belanja di pasar swlayan.
Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menjelaskan Shopee terus mendengar masukan dari pengguna dalam berinovasi.

“Karena itu, kami senang dipercaya menjadi mitra Bank Mandiri dalam memberi kemudahan bagi pengguna untuk memiliki akses ke produk e-money Bank Mandiri,” kata Handhika.

Hingga akhir Desember 2018, Mandiri telah menerbitkan 16,4 juta kartu uang elektronik dengan tingkat penerimaan di 45 ribu merchant (sektor usaha) dan 60 ribu lokasi pengisian saldo (top up).

Dari jumlah itu, frekuensi transaksi uang elektronik Mandiri pada Januari-Desember 2018 mencapai 1,1 milia­r dengan nominal transaksi Rp13,4 triliun. Frekuensi terbesar terjadi pada sektor transportasi yang mencapai 94%, terutama tol.

Saat ini kartu Mandiri e-money terbit dalam berbagai edisi unik dengan desain bervariasi seperti Asian Games 2018, Marvel Avengers, Star Wars, dan Disney Tsum Tsum. (Try/E-3)

BERITA TERKAIT