Katak Unik Ditemukan di Pegunungan Ekuador


Penulis: Sciencealert/Rkp/L-2 - 12 January 2019, 05:50 WIB
ZOOKEYS
 ZOOKEYS

CORDILLERA del Condor, terletak di antara Ekuador dan Peru, sulit diakses karena berupa pegunungan dan merupakan daerah konflik perbatasan. Padahal, di sana hidup berbagai spesies unik.

Namun, baru-baru ini peneliti berhasil membuat penemuan menakjubkan setelah berjalan berhari-hari di hutan dan menyusuri sungai. Ilmuwan yang dipimpin Santiago R Ron di Universitas Katolik Ekuador itu menemukan katak pohon unik di lereng gunung datar atau gunung di ketinggian 2.000 meter (6.562 kaki).

Katak pohon tersebut berwarna gelap, berbintik-bintik seperti kulit bintang emas untuk menghasilkan kamuflase di tengah dedaunan yang lembap, dan pada beberapa individu bergaris-garis seperti harimau.

Selain itu, struktur kaki mereka berbeda dengan katak lain. Mereka memiliki cakar pada ibu jari. Peneliti belum mengetahui secara pasti fungsi cakar tersebut. Mereka memperkirakan cakar tersebut digunakan sebagai perlindungan terhadap predator atau sebagai senjata dalam perkelahian antarpejantan. Para peneliti menamai spesies itu Hyloscirtus hillisi. Nama  Hillisi digunakan untuk menghormati David Hillis, penemu tiga spesies dalam genus Hyloscirtus di Ekuador pada 1980-an. Secara rinci, penelitian tentang temuan spesies katak ini telah dipublikasikan di Jurnal ZooKeys. (Sciencealert/Rkp/L-2)

BERITA TERKAIT